HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Tantangan Bela Negara Di Era Milenial

S iti Fatimah Salsabila Azzahra, Mahasiswa Semester 1 Fakultas Agama Islam, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhammadiyah M...

Siti Fatimah Salsabila Azzahra, Mahasiswa Semester 1 Fakultas Agama Islam, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Malang

Lentera24.com -- Bela Negara adalah sikap atau perilaku warga Negara yang dijiwai oleh kecintaannya terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia yang didasarkan oleh pancasila dan undang – undang dasar 1945 dan menjalin kelangsungan hidup di Indonesia dengan seutuhnya.

Secara fisik,hal ini dapat diartikan dengan usaha seseorang untuk mempertahankan Negara menghadapi serangan fisik maupun non fisik dari pihak yang mengancam Negara tersebut. Adapun secara non fisik adalah ikut serta berperan aktif dalam memajukan bangsa dan Negara dalam hal pendidikan, moral hingga kesejahteraan masyarakat.

Terbentuknya konsep Bela Negara ini adanya perangkat pertahanan. Seperti tentara atau perangkat pertahanan lainnya. Peran tentara atau perangkat lainnya adalah ikut serta menjaga dan mempertahankan tanah air Indonesia ini dengan dukungan dan apresiasi dari masyarakat yang ikut berperan menjaga tanah air agar tetap menjadi satu kesatuan yang tidak akan bisa dipisahkan satu sama lain seperti semboyan kita yaitu “Bhineka Tunggal Ika”. Dalam hal ini masyarakat akan mengerti apa makna dari semboyan kita.

Peran Bela Negara bisa dipelajari lebih mendalam melalui adanya perangkat pertahanan. Keutuhan wilayah Indonesia, sumber daya, kedaulatan dan kemerdekaannya. Tujuan para pendiri bangsa terdapat di salah satu point penting yaitu “melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia”.

Point tersebut menjadi tujuan nasional ia tidak berdiri sendiri melainkan ada 3 point lainnya yang memperkuat peran bela Negara ini yakni tujuan keamanan,ketertiban sipil, kesejahteraan (memajukan kesejahteraan umum), tujuan moral (mencerdaskan kehidupan bangsa) dan point terakhir adalah tujuan kedamaian (berperan aktif dalam perdamaian dunia yang adil dan abadi).

Setia warga NKRI berhak untuk berperan aktif dalam upaya membela Negara dari ancaman bangsa asing yang berusaha meruntuhkan kesatuan NKRI ini. kesadaran bela Negara itu pada hakikatnya kesediaan patuh atau berbakti pada Negara atau rela berkorban untuk membela NKRI. Hal ini sangat luas kaitannya dengan generasi selanjutnya. Mulai dari hubungan baik sesama warga Negara untuk menangkal ancaman musuh bersenjata maupun tidak bersenjata.hal ini adalah sikap untuk berbuat yang terbaik untuk bangsa Indonesia. Saat ini bela Negara untuk memperkuat rasa nasionalisme dan semangat patriotisme  NKRI.

Dalam hal ini generasi di era milenial berpengaruh sekali terhadap peran bela Negara ini, karena sikap bela Negara ini sudah ditanamkan sejak dini, agar mereka tau betapa pentingnya membela Negara Indonesia ini. Dari kesadaran bela Negara, muncul namanya kewajiban, yang artinya berjuang atau membela dan mempertahankan Negara tersebut dan bersifat wajib dan tidak bisa diubah atau diganggu.

Seiring berjalannya waktu pasti ada saja masalah yang datang yang kadang berubah, bisa saja melalui fisik atau non fisik. Wakil menteri pertahanan Sakti Wahyu Trenggono pun berpendapat bahwa tantangan pertahanan nasional kian berubah seiring tananan dunia baru yang membuat semua terkoneksi satu sama lain. dapat disadari atau tidak Indonesia saat ini memasuki era yang sangat canggih sekali, dan para generasi milenial pun sangat mendominasi hal tersebut dikarenakan banyak hal – hal baru yang dianggap keren atau canggih oleh generasi milenial. Hal ini membuat rasa bela Negara dari generasi milenial menurun dikarenakan munculnya kebudayaan asing yang masuk ke Indonesia.

Hal ini merupakan tantangan bela Negara bagi generasi milenial, maka dari itu sebaiknya kita tanamkan sejak dini rasa empati atau bela Negara itu, karena yang akan melanjutkan perjuangan para pahlawan yang telah gugur untuk mendapatkan kemerdekaan ini adalah kita,generasi milenial yang bisa membela tanah air kita tercinta ini. Sebagai generasi penerus bangsa yang akan menjadi pokok atau akar di masa mendatang yang dapat mewujudkan cita-cita dan tujuan bangsa indonesia yakni mempertahankan tanah air Indonesia ini. Generasi milenial merupakan potensi bagi bangsa Indonesia sebagai alat atau armada untuk kemajuan Indonesia. Maka dari itu hendaknya kita para pemuda harus menjunjung tinggi sikap nasionalisme dan patriotisme. ***