HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Sukses Itu Mudah Tidak Mahal, Ini Trik dan Tips Jadi Orang Sukses

  Novi Dwi Yanti Mahasiswa Semester 3 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Akutansi Universitas Muhammadiyah Malang Email: dnovi1211@gmail.co...

 

Novi Dwi Yanti Mahasiswa Semester 3 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Akutansi Universitas Muhammadiyah Malang Email: dnovi1211@gmail.com

Lentera24.com -- Sukses tidak perlu menunggu usia tua. Terkadang kalimat dan kata-kata penyemangat hanya telintas saja dibenak kita. Tanpa kita sadari, seharusnya kita harus meresapinya dan menerepkannya dalam kehidupan nyata. Siapa di dunia ini tidak ingin menjadi orang sukses dan bahagia? Pastinya semua orang menginginkan hal tersebut. Banyak sekali tokoh - tokoh teladan yang bisa kita contoh dan terapkan kebiasaan atau hal-hal positif mereka untuk mencapai kesuksesan. Apalagi sebagai Mahasiswa zaman sekarang yang sudah paham akan kecanggihan teknologi, pastinya mudah untuk mencari panutan dan hal positif yang mungkin nantinya bila diterapkan dalam kehidupan sehari-hari akan membawa  kesuksesan yang semua orang inginkan. 

Beberapa tokoh yang tidak asing lagi seperti Jerome Pollin, Caline Darjanto, dan Maudi Ayunda. Tokoh-tokoh publik yang memiliki citra positif dalam pendidikan dan juga keberhasilan dalam berusaha. Pernahkah kita membayangkan bagaimana proses pencapaian mereka? Atau pernahkah kita memikirkan kebiasaan apa yang mereka lakukan agar menjadi orang yang sukses?Sebagian besar orang hanya melihat puncak dari usaha mereka. 

Puncak dari usaha mereka adalah kesuksesan. Tetapi, sedikit sekali orang yang melihat bagaimana perjuangan mereka selama mereka bekerja keras dan berusaha dalam meraih cita-cita.  Karena ambisi dan keinginan mereka yang tinggi untuk meraih keinginan dan kesuksesan mereka. Mereka rela bekerja keras bahkan menggunakan waktu mereka semaksimal mungkin dalam proses pencapaian kesuksesan tersebut. Bisa dibilang juga mereka menggunakan 2 kali lipat waktu mereka untuk fokus dan menetapkan tujuan mereka dibandingkan orang lain. Usaha tidak akan berkhianat dari hasil, mungkin kalimat itu adalah kalimat tepat yang digunakan untuk menggambarkan kerja keras orang-orang yang ingin meraih kesuksesan. Untuk lebih memotivasi dan mengembangkan semangat mari kita lihat, kiat dan tips sukses dari salah satu tokoh sukses diatas.


Jerome Polin, tokoh muda Indonesia yang dikenal dengan kecerdasannya dalam bidang Matematika. Selain itu, dia juga dikenal karena mendapatkan beasiswa pendidikan di Negara Jepang. Jerome Polin yang memang terkenal cerdas pun tetap berusaha dalam mencapai semua keinginannya. Dia tidak sombong dan bermalas-malasan hanya karena dia sudah dikenal sebagai orang yang cerdas. Jerome Pollin juga memanfaat media Youtube sebagai sarana menyampaikan ide dan karya nya kepada masyarakat luas. Youtube nya sudah dikenal banyak orang dan memiliki jutaan subscriber. Dalam video-video nya, dia menjalaskan beberapa cara atau tips dan kegiatan rutinnya sehari-hari selama mengemban pendidikan di Negara Jepang.


Ambisi dan fokus Jerome dalam mengejar cita—citanya sangat luar biasa. Dia juga memiliki cara yang dibagikan kepada publik dan itu bisa diterapkan oleh masyarakat juga. Namun, perlu diingat bahwa keinginan tanpa sebuah komitmen tidak akan membuahkan hasil. Jerome.  


Menempatkan komitmen belajar giat untuk meraih prestasi dalam posisi pertama. Disini, dapat dilihat bahwa dia sangat mengutamakan komitmen dalam meraih prestasi. Karena, sebuah komitmen yang dimiliki oleh seseorang dapat memberikan dorongan dan semangat dalam meraih cita-cita dan keberhasilan. Yang kedua adalah, pentang menyerah. Terkadang banyak sekali orang yang mencoba melakukan suatu hal. Namun, berakhir dengan kegagalan karena dia sudah menyerah terlebih dahulu. 


Sesulit apapun jalannya pasti akan ada jawabannya bila kita berusaha dan terus mencoba. Kesuksesan bukanlah tentang apa yang ingin kita raih, tetapi kesuksesan adalah cerita perjalanan dimana kita masih bisa bangun walau sesulit apapun rintangan itu dan kita bisa meraih apa yang kita inginkan. 


Kemudian, Jerome juga memberikan sebuah tips tentang menangkap sebuah peluang dan berani mencoba. Sebagai orang yang ingin sukses kita harus pandai dalam membaca situasi, kita harus peka terhadap peluang apa yang bisa kita gunakan. Kemudian, setelah kita menemukan apa yang kita inginkan kita bisa mencobanya. Untuk apa bila kita sudah memiliki komitmen, usaha dan peluang jika kita hanya berdiam diri saja. 


Berani mencoba, adalah salah satu kunci kesuksesan. Terkadang manusia memang perlu keluar dari zona aman nya dan mencoba hal baru yang lebih menantang. Bila memang tidak ingin mendapatkan kerugian yang besar maka bisa dimulai dari hal kecil terlebih dahulu kemudian membiasakan diri untuk menerima tantangan yang lebih tinggi. 


Perlu diingat bahwa sesuatu yang memiliki resiko tinggi juga memiliki keuntungan tinggi pula. Lalu tips dari Jerome yang ke lima adalah, jangan lupa berdoa. Semua yang kita rencanakan dan lakukan hanyalah sebuah sketsa belaka. Kehendak Yang Maha Kuasa lah yang akan menjadikan sketsa tersebut menjadi lukisan yang indah atau sebaliknya.


Manusia sejatinya hanya bisa berencana,berusaha dan berdoa. Karena itulah bila kita ingin rencana kita sukses kita tidak boleh lupa untuk berdoa. Karena keputusan akhir ada ditangan Yang Maha Kuasa.Selanjutnya, tips yang diberikan oleh Jerome adalah bersungguh-sungguh dalam berusaha. Disini dapat diartikan bahwa dalam berusaha kita harus melakukannya semaksimal mungkin.


Dari tips dan saran dari Jerome dapat disimpulkan bahwa ada 5 hal yang dapat dilakukan yang pertama komitmen dalam melakukan suatu pekerjaan, pantang menyerah , peka terhadap peluang dan berani mencoba, berdoa, dan bersungguh-sungguh.5 hal ini bisa diterapkan dan dijadikan sebagai motivasi untuk anak-anak muda. Terutama mahasiswa dan pelajar. 


Memang tugas dari seorang mahasiswa dan pelajar adalah mencari ilmu. Tetapi, tidak ada salahnya bila kita sebagai mahasiswa dapat berkreasi dan berkarya. Seperti Jerome yang memanfaatkan Youtube sebagai sarana penyalur. 


Hal itu juga bisa ditiru bukan dengan maksud plagiat. Namun, memanfaatkan media teknologi yang ada untuk meningkatkan kualitas diri. Tidak ada salahnya juga bila kita memulai berkarya atau memanfaatkan media sosial untuk mulai berbisnis. Sebagai salah satu contoh kecil, ada seorang yang gemar untuk membuat sosialiasi mengenai suatu masalah. Namun, pergerakannya terbetas hanya dalam lingkup itu saja. Agar lebih bermanfaat orang tersebut dapat mempublikasikan nya melalui media sosial sehingga lebih banyak orang yang tahu. 


Kembali lagi ke individu masing-masing, bila memang ingin mulai berkarya dalam dunia maya maka dia harus bisa mencari peluang dan mencocokannya dengan kemampuan yang dia miliki. Kemudian, bila sudah mendapat target ke lima tips dan trik sukses tersebut dapat diterapkan.


Menjadi orang sukses membutuhkan perjalanan yang panjang. Tidak ada kesuksesan yang dapat diraih secara cepat. Kesuksesan adalah proses perjuangan dari seseorang. Dalam meraih kesuksesan manusia harus bisa menetapkan tujuan dan komitmen harus mau bekerja keras tanpa kenal lelah. Tidak mudah menyerah dan berani untuk mencoba. Tidak lupa pula doa menjadi bagian penting yang tidak boleh dilupakan. Seberat apapun beban yang harus dipikul selama proses dan perjalanan akan terbayar saat kita sudah duduk di kursi kesuksesan. []***