HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Jubir KPA Wilayah Peureulak Ultimatum PT..Medco E&P Malaka

Lentera24.com | ACEH TIMUR -  Juru Bicara Komite Peralihan Aceh (KPA) wilayah Peureulak Aceh Timur mengultimatum perusahaan Medco E&P M...

Lentera24.com | ACEH TIMUR
-  Juru Bicara Komite Peralihan Aceh (KPA) wilayah Peureulak Aceh Timur mengultimatum perusahaan Medco E&P Malaka untuk tidak mengabaikan Keselamatan dan Kesehatan Warga di seantero Perusahaan Tambang Raksasa selama beroperasi di Aceh Timur.

Hal ini disampaikan Muntasir alias Age Juru Bicara KPA Wilayah Peureulak, kepada awak media, Rabu (30/6/21).

“Jangan hanya mengeruk hasil bumi di Aceh Timur tapi lupa pada masyarakat sekitar. Abai terhadap masyarakat yang kerap kali kesehatannya terganggu akibat bau menyengat yang muncul,” kata Age.

Age mempersoalkan bau gas menyengat yang kerap muncul di sekitar perusahaan. Imbasnya, sejumlah warga selama 2 kali sempat harus mengungsi dan beberapa di antaranya harus dirujuk ke rumah sakit.

“Ini persoalan lingkungan yang kerap terjadi. Sejauh ini komitmen by Medco untuk mencegah hal ini terulang belum ada sama sekali. Jangan sampai ini terulang hingga akhirnya ada korban jiwa. Kasihi masyarakat yang tinggal di sana,” kata Age.

Selama ini, kata Age, Medco dinilai belum serius untuk mengatasi permasalahan lingkungan di sana. Keberadaan perusahaan itu juga dinilai minim memperdayakan masyarakat sekitar dalam hal tenaga kerja.

“Masalah lingkungan, soal tenaga kerja, dan CSR. Jangan sampai keberadaan Medco menyengsarakan rakyat Aceh Timur.”

“Kita berharap Medco tidak mengulang kesalahan yang sama seperti Arun di Aceh Utara semasa Aceh masih berkonflik. Jangan mengambil manfaat saja dari hasil berlimpah Migas di Aceh. Tapi kesehatan masyarakat, tenaga kerja dan CSR tidak pernah dirasakan oleh masyarakat.”

“Karena yang menanggung efek negatif dari persoalan jangka panjang adalah masyarakat. Kami tidak mau kasus di Aceh Utara terulang di Aceh Timur,” kata Age lagi. [] L24.Zal.

Teks foto : Muntasir alias Age Jubir KPA Wilayah Peureulak.