HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Pastikan Aplikasi P-Care Vaksinasi Berjalan Lancar, BPJS Kesehatan Buka Kelas Sosialisasi

  Foto : Program Kelas Sosialisasi Aplikasi Primary Care atau P-Care Vaksinasi Covid 19 bersama Dinkes dan 5 Puskesmas dan RSUD Langsa| dok-...

 

Foto : Program Kelas Sosialisasi Aplikasi Primary Care atau P-Care Vaksinasi Covid 19 bersama Dinkes dan 5 Puskesmas dan RSUD Langsa| dok-Redaksi

Lentera24.com | LANGSA -- Dalam rangka mendukung pelaksanaan kegiatan vaksinasi Covid-19, BPJS Kesehatan Cabang Langsa menggelar sosialisasi aplikasi Primary Care (P-Care) Vaksinasi bersama Dinas Kesehatan, 5 Puskesmas dan RSUD Langsa pada Senin (11/01).

Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Langsa, Endang Kurnia Ningsih, menjelaskan tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk memberikan gambaran terkait fungsi dari aplikasi P-Care Vaksinasi yang diluncurkan oleh BPJS Kesehatan. Aplikasi P-Care Vaksinasi ini nantinya digunakan sebagai aplikasi pencatatan pelayanan vaksinasi Covid-19 oleh tim Dinas Kesehatan maupun Fasilitas Kesehatan (Faskes). Pada kegiatan ini juga menerangkan perbedaan antara Aplikasi P-Care untuk melayani peserta JKN-KIS dan P-Care Vaksinasi.

Aplikasi P-Care pada umumnya mencakup data kepesertaan, riwayat pelayanan kesehatan, data kunjungan sakit maupun kunjungan sehat, data rujukan dan rujuk balik, serta riwayat peserta Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis). Penggunaan Aplikasi P-Care akan dioptimalkan untuk mendukung pemberian vaksin Covid-19.

"Dinas Kesehatan harus melakukan maping fasilitas kesehatan yang mampu melayani vaksinasi terlebih dahulu, dan selanjutnya mengentri jadwal pemberian vaksin, membuat user aplikasi dan user fasilitas kesehatan yang didaftarkan untuk melaksanakan pemberian vaksin. Dalam pelaksanaan pemberian vaksinasi Covid-19 ini, BPJS Kesehatan akan memberikan akses P-Care kepada Dinas Kesehatan. Lalu, Dinas Kesehatan yang akan melakukan seleksi dan menentukan fasilitas kesehatan mana yang akan melaksanakan vaksinasi," kata Endang.

Bambang Irawan, Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Kota Langsa juga menyampaikan bahwa pihaknya bersama Faskes yang telah ditunjuk dalam SK Kepala Dinas Kesehatan Kota Langsa telah mempersiapkan SDM dan sarana prasarana yang dibutuhkan dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kota Langsa. Beliau juga menjelaskan tentang alur pelayanan vaksinasi Covid-19, yang terbagi dalam empat meja pelayanan. Ia juga menambahkan hambatan yang mungkin terjadi adalah jaringan internet yang terbatas untuk mengakses P-Care, oleh karena itu nantinya akan di koordinasikan kepada Kominfo.

"Meja pertama untuk pendaftaran peserta yang telah mendapatkan sms gateway dari Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN). Setelah selesai pendaftaran peserta beralih ke meja kedua untuk dilakukan screening oleh petugas dan pemeriksaan fisik yang hasilnya akan di input di Aplikasi P-Care. Hasil Screening ini menentukan pemberian vaksin diperbolehkan atau tidak, jika diperbolehkan langsung menuju ke meja ketiga untuk dilakukan pemberian vaksinasi, dan yang keempat petugas mencatat hasil pelayanan vaksin ke dalam aplikasi dan dilakukan observasi," jelas Bambang.

Harapan Bambang semoga vaksinasi ini berjalan dengan lancar dan para petugas serius serta fokus dalam menjalankan kegiatan ini dan BPJS Kesehatan terus membantu para petugas kita agar lebih paham terhadap Aplikasi P-Care vaksinasi. [] L24-004