HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Poktan Maju Bersama Tenggulun Terima Perontok Jagung Dari Distan Aceh Tamiang

Lentera 24 .com  | ACEH TAMIANG - -  Kepala Dusun Adil Makmur I, Kampung (Desa) Tenggulun, Kecamatan Tenggulun, Aceh Tamiang merasa bersyuk...

Lentera24.com | ACEH TAMIANG - - Kepala Dusun Adil Makmur I, Kampung (Desa) Tenggulun, Kecamatan Tenggulun, Aceh Tamiang merasa bersyukur dan berterimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang yang melalui Dinas Pertanian Perkebunan dan Peternakan (Distanbunak) setempat telah memberikan bantuan mesin perontok jagung.


Kepala Dusun Adil Makmur I, Nurdin dan Mantri Tani Kecamatan Tenggulun, Safruddin (Kunyil) foto bareng disisi Mesin Perontok Jagung bantuan Distanbunak Aceh Tamiang. (L24-SUPARMIN)

Mesin perontok jagung dimaksud diberikan kepada kelompok Tani Maju Sejahtera. Nurdin yang didampingi Mantri Tani Kecamatan Tenggulun, Syafruddin mengucapkan rasa terimakasih itu saat ditemui Lentera24 diKantor Kelompok Tani Maju Sejahtera sekembalinya mengambil mesin perontok jagung dari Distanbunak, Rabu (1/4).
Kelompok 

"Rasa Terimakasih ini kami tujukan kepada Dinas Pertanian setempat, khususnya Pemkab Aceh Tamiang yang telah memberikan bantuan mesin perontok jagung untuk kepentingan warga kami melalui kelompok tani Maju Sejahtera," ungkap Nurdin.

Kepada Lentera24, Mantri Tani Kecamatan Tenggulun, Syafruddin atau yang lebih dikenal dengan panggilan Kunyil ini menyebutkan, atas nama Pemerintah Kabupatrn Aceh Tamiang, dirinya berpesan kepada kelompok tani Maju Bersama agar bantuan mesin perontok jagung yang diberikan Pemerintah itu dapat dijaga dan dirawat secara baik untuk kepentingan bersama sesama petani dikelompok itu.

"Manfaatkanlah dengan baik, sama-sama menjaga dan merawatnya agar faedahnya lebih besar lagi bagi petani," ujar Kunyil.

Kabid Produksi dan Perlindungan Tanaman Irwan Hadi, SP 
Bantuan mesin pemipil jagung itu diberikan kepada poktan Maju Bersama seiring menjelang panen jagung para petani yang ditanam diatas lahan cetak sawah yang sebelumnya dijadikan sebagai lahan alih fungsi sebagai tanaman kelapa sawit.

"Panen jagung ini merupakan panen perdana setelah pengembalian fungsi lahan pertanian tananman pangan dari alih fungsi kebun sawit," sebut Kunyil.

Direncanakan, sebut Kunyil, pasca panen jagung milik sejumlah petani ini, Dinas Pertanian Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Aceh Tamiang akan membina petani di dusun Adil Makmur I akan melakukan penanaman jagung secara massal diatas lahan cetak sawah yang selesai ditumbang ciping yang luasnya mencapai ratusan hektar itu.

"Setelah ini para petani dari seluruh Poktan yang ada secara kompak akan menanam jagung. Rencananya sejumlah pejabat Distanbunak Aceh Tamiang akan hadir kemari saat hari penanam akbar," tukasnya.

Kabid Produksi dan Perlindungan Tanaman pada Distanbunak Kabupaten Aceh Tamiang, Irwan Hadi, SP berharap kepada Poktan penerima bantuan perontok jagung (Kornseler) agar dapat memanfaatkan dan merawatnya, sehingga hasil panen jagung dimaksud mendapatkan nilai tambah.

Tambah Irwan, terkait pola penanaman jagung secara serentak di Dusun Adil Makmur I tersebut bertujuan agar para petani bisa lebih mudah dalam penanganan dan pengendalian serangan hama terhadap tanaman jagung.

"Terutama hama ulat grayak yang biasanya menyerang tanaman dengan pola tanam tidak serentak,"

Selain itu juga tambah Kabid Irwan, penanaman serentak tersebut dapat mempermudah petugas pengawas (PUPT) dalam mengamati serangan hama jagung. [] L24-002