HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Pantau Kepulangan TKI Melalui Jalur Laut Polairud Polda Aceh Sisir Pantai Timur

Lentera 24 .com | ACEH TAMIANG --  Issu kepulangan  kepulangan para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dari luar negeri melalui jalur laut,  Pola...

Lentera24.com | ACEH TAMIANG -- Issu kepulangan  kepulangan para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dari luar negeri melalui jalur laut, Polairud Polda Aceh melakukan patroli di laut diwilayah pesisir Timur Aceh yang meliputi wilayah Aceh Tamiang, Kota Langsa dan Aceh Timur.
Pemantauan Lewat Udara bagi TKI/W Aceh
Hal itu dikatakan Direktur Polairud Polda Aceh, Kombes Pol Jemmy Rosdiantoro, ini dilakukan upaya membatasi mewabahnya virus corona di Bumi Iskandar Muda khususnya di tiga wilayah timur Aceh, Kamis (9/4).

Dalam patroli yang dilakukan Dirpolairud Polda Aceh tersebut dengan mengerahkan sejumlah kapal patroli dan satu helikopter. 

" Pemantauan yang dilakukan di Wilayah laut pantai timur Aceh meliputi perairan Aceh Timur, Kota Langsa, dan Aceh Tamiang sangat luas.

Saat ini ada lima kapal yang melakukan patroli secara bergantian dan merathon," ungkap Kombes Jemmy kepada Wartawan, Kamis (9/4) di halaman Mapolres Aceh setempat. 

Untuk itu, Kapolda Aceh pun memerintahkan untuk stanby kan helikopter, apabila sewaktu - waktu dibutuhkan sudah siap bergerak. 

Meskipun dari hasil pantauan yang dilaksanakan belum ada ditemukan kapal yang membawa kepulangan TKI, Jemmy menyebutkan bahwa pada dasarnya sebagian TKI sering pulang melalui jalur yang ada transportasinya. 

"Kalau Aceh kan tidak memiliki tranportasi laut yang menghubungkan Aceh dengan Malaysia atau negara lainnya, berbeda yang ada di Batam serta wilayah Sumatera Utara, mungkin TKI jika pulang melalui jalur dimaksud," kata Kombes Jemmy.

Sementara itu, Bupati Aceh Tamiang H Mursil.SH.M.Kn menyampaikan apresiasi sebesar - besarnya kepada Polda Aceh dan jajarannya yang telah berperan aktif menjaga wilayah laut Aceh Tamiang, terlebih upaya pencegahan dan penyebaran virus covid 19.

" Kita tidak bisa menjamin ada atau tidaknya TKI yang pulang dari jalur laut, khususnya wilayah Aceh Tamiang," katanya 

Dengan adanya kapal patroli Kepolisian yang melakukan patroli rutin, nantinya bisa terpantau jika TKI yang pulang ke Aceh Tamiang maupun wilayah Aceh lainnya. 

Mursil mengatakan, sebenarnya dalam menjaga perbatasan Aceh dengan Sumatera adalah kewenangan pemerintahan Aceh, tetapi dalam hal pencegahan penyebaran Covid-19 tugas ini diambil alih oleh kabupaten yang bekerjasama dengan TNI dan Polri. 

" Karena itu kita sangat berharap adanya perhatian lebih dari Pemerintahan Aceh, sebab yang kita jaga bukan Aceh Tamiang saja, tapi menjaga Aceh secara umum," sebut Mursil.
Pemkab Aceh Tamiang mengaku, sejak bulan Maret hingga sekarang sudah membuka posko pencegahan covid-19 di terminal bus umum kota Kuala Simpang  memantau dan melakukan pemeriksaan kesehatan penumpang bus umum dan pribadi yang masuk dari luar Aceh.[]L24.sai