HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Otak Anak Laki-Laki dan Perempuan Berbeda

Banyak orang tua yang tidak menyadari bahwa ada perbedaan- perbedaan antara anak laki-laki dan anak perempuan, oleh karena itu para orang tu...

Banyak orang tua yang tidak menyadari bahwa ada perbedaan- perbedaan antara anak laki-laki dan anak perempuan, oleh karena itu para orang tua seringkali merasa heran, kenapa putri tetangga kemampuan bahasanya lebih cepat berkembang dibanding putranya, padahal sebenarnya itu adalah hal yang normal. 


Foto : Ilustrasi
 Faktornya adalah adanya perbedaan antara otak anak laki-laki dan anak perempuan yang dapat mempengaruhi perkembangan mereka masing- masing, otak anak laki-laki dan perempuan yang memiliki usia sama cenderung berada dalam tahap perkembangan yang berbeda.

Penelitian di Inggris menemukan bahwa anak perempuan memiliki kosakata yang signifikan lebih besar dari anak lali-laki pada usia 18 sampai 24 bulan. Hal ini disebabkan karena otak bayi perempuan yang baru lahir lebih berkembang dibagian yang mengatur kemampuan bahasa dan bicara.

Bila diperhatiakan anak perempuan terlihat lebih bereaksi terhadap suara manusia sejak ia lahir , dan hal ini berpengaruh pada perkembangan selanjutnya. Anak perempuan memiliki kemampuan verbal jauh lebih baik, anak perempuan berbicara lebih awal dibanding dengan anak laki-laki, dan anak perempuan pun jauh lebih cepat dalam menyusun kata-kata dalam sebuah kalimat dibanding dengan anak laki-laki.

Dr. Yuda Turana, Sp.S, spesialis syaraf dan pakar Alzheimer mengatakan bahwa beberapa bagian otak berkembang lebih cepat pada anak perempuan, sementara beberapa bagian otak yang lain cenderung berkembang lebih cepat pada anak laki-laki.

Secara anatomi, volume dan berat otak anak laki- laki lebih besar dibanding anak perempuan. Besar otak anak laki-laki 12-20% lebih besar dari otak anak perempuan. Hal itu mempengaruhi ukuran kepala anak laki-laki menjadi 2% lebih besar dari anak perempuan.

Selain itu, dalam memproses memori, mengekspresikan emosi, mengenal wajah dan membuat keputusan keduanya juga menggunakan bagian otak yang berbeda. Otak anak perempuan juga lebih banyak mengandung serotonin yang membuatnya bersikap lebih tenang.

Otak kiri berfungsi mengatur bagian tubuh sebelah kanan, bekerja untuk mengingat kata-kata, matematika, verbal, logis, fakta, analisa, syair, nyanyian, lineal, detail dan lebih teratur. sedangkan otak kanan cenderung kepada kreatif, warna, artistik, visualisasi, intiusi, gagasan, khayalan, holistik, musik, bentuk dan ruang. 

Otak kiri pada perempuan yang berhubungan dengan keterampilan berbahasa berkembang lebih cepat dari pada laki-laki, sehingga pusat berbicara diotak anak perempuan berkembang dan memiliki hubungan yang lebih baik dengan fungsi lain yang ada dalam otak. Sedangkan pada laki-laki otak kanan berkembang lebih cepat daripada perempuan, hal itulah yang menyebabkan pada usia sekolah banyak perempuan yang mendapatkan ranking dikelasnya,dan lebih cepat kemampuan membaca dan menulisnya, dan usaha untuk memperbaiki kemampuan membaca pada anak laki-laki empat kali lebih besar dibanding anak perempuan.

Pada usia 0-6 tahun otak kiri dan otak kanan anak perempuan tumbuh secara berimbang, sedangkan pada anak laki-laki otak kiri dan otak kanan akan mulai berkembang pada usia 6-12 tahun, dan baru mulai berkembang beriringan saat menginjak usia 18 tahun. Pada posisi itulah laki-laki menduduki posisi penting, misalnya ketua senat, memimpin organisasai, dan lain sebagainya.

Namun demikian, adanya perbedaan-perbedaan dalam perkembangan otak tersebut, tidak berarti bahwa anak perempuan lebih pintar dari anak laki-laki, atau anak laki-laki lebih baik dari anak perempuan. Semuanya tetap tergantung pada stimuli yang diberikan oleh orang tua karena otak anak masih mudah untuk dibentuk. []

Pengirim : 
Nada Khair
Mahasiswa Semester 3 Jurusan Psikologi Islam UIN Iman Bonjol Padang
Email : nadakhair0599@gmail.com