HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

KTNA Aceh Pertanyakan Kecamatan Kota Kualasimpang Tak Miliki KTNA

Lentera 24 .com | ACE H TAMIANG -- Sekretaris Kelompok Tani Nelayan Andala (KTNA) Provinsi Aceh, Junaidi, SE menanyakan tentang kepengurusan...

Lentera24.com | ACEH TAMIANG -- Sekretaris Kelompok Tani Nelayan Andala (KTNA) Provinsi Aceh, Junaidi, SE menanyakan tentang kepengurusan KTNA tingkat Kecamatan di Kabupaten Aceh Tamiang hanya ada sebanyak 11 kepengurusan. Padahal Kabupaten Aceh Tamiang memiliki 12 Kecamatan.


Tidak adanya KTNA di Kecamatan Kota Kualasimpang tersebut, sangat dimungkinkan karena diwilayah dimaksud dianggap tidak memiliki area pertanian.

"Selain petani padi sawah dan nelayan, para petambak dan pembudidaya tanaman bunga juga namanya petani," ujar Junaidi dalam sambutannya pada acara rapat rembug paripurna KTNA Kabupaten Aceh Tamiang, Rabu (18/12) di aula Dinas Pertanian dan Perkebunan setempat.

Lanjutnya, dikota juga kan harus ada penyuluh pertanian serta KTNA, sebab di Kecamatan Kota-pun ada petani bunga, ada petani hydroponik, serta petani ternak," ungkap Junaidi, SE yang didampingi wakil Sekretaris Yuhelmi Yunus.

"Dikota juga perlu dibuat kelompok. Kalau tidak ada, hal itu perlu dipertanyakan, apa sebab kok sampai tidak ada kelompok KTNA," sebut Junaidi.

Menyikapi tentang peningkatan kebutuhan pangan di Aceh Tamiang, Junaidi sangat berapresiasi terhadap adanya kegiatan pengembalian fungsi lahan persawahan yang selama ini dialih fungsikan menjadi  tanaman kelapa sawit.

"Pengembalian fungsi sawah itu merupakan upaya Pemerintah untuk peningkatan pangan yang arahnya ke swasembada pangan bagi Aceh Tamiang, kita inginkan daerah kita menjadi lumbung pangan," imbuh Junaidi.

Ketua KTNA Kabupaten Aceh Tamiang, Miswanto tidak turut hadir dalam acara dimaksud, namun lentera24 berhasil mengkonfirmasi seorang pengurus KTNA terkait tidak adanya KTNA di Kecamatan Kota Kualasimpang.

Wakil Ketua KTNA Kabupaten Aceh Tamiang, Iik Sugiono, SH mengakui kalau Kecamatan Kota Kualasimpang merupakan satu-satunya Kecamatan yang tidak memiliki pengurus KTNA.

"Untuk Kecamatan Kota, di Desa Kota Lintang ada beberapa kelompok tani yang membidangi ternak, tapi mereka bergabung di KTNA Kecamatan Rantau," tandas Iik Sugiono. [] L24-002