HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Kamu Yakin Sudah Sukses? Berikut 5 Hal Yang Pasti Dimiliki Orang Sukses

Oleh : Desy Nur Fitriani* Foto : Ilustrasi Jika kamu adalah seorang pelajar yang baru saja lulus sekolah dan sedang mempersiapkan diri...

Oleh : Desy Nur Fitriani*

Foto : Ilustrasi
Jika kamu adalah seorang pelajar yang baru saja lulus sekolah dan sedang mempersiapkan diri menuju masa depan atau seorang mahasiswa yang sebentar lagi akan menghadapi dunia kerja, maka artikel ini cocok untukmu.

Menjalani kehidupan sebagai seorang remaja adalah sebuah saat yang sangat berat. Di masa itu, para remaja harus bisa melawati masa transisi dari seorang pelajar yang sering bergantung kepada orang lain menjadi seorang pekerja dan harus memenuhi tanggung jawab yang dimiliki.

Beberapa dari mereka mungkin bisa melewati kesulitan di masa transisi ini, namun ada juga yang tidak dapat melewatinya sama sekali. Hal tersebut terjadi karena adanya perbedaan pola pikir tiap orang dari mereka dalam menghadapi perjalanan ini. Teruslah membaca jika kamu ingin tahu caranya.

Menurut kebanyakan orang, pendidikan adalah hal utama yang harus dimiliki semua orang. Melalui pendidikan semua orang dapat bekerja dan memiliki semua yang mereka inginkan, karena jika tidak memiliki pendidikan yang sempurna seseorang takkan memiliki nilai apapun sebagai seorang manusia.

Pendidiikan mengajarkan setiap orang untuk siap menghadapi dunia kerja, dimana dengan memiliki ilmu yang banyak kita dapat memiliki posisi yang tinggi dan dihargai oleh orang lain.

Stigma sebagian masyarakat kita saat ini , yang hanya menilai setiap orang dari kemampuan yang mereka miliki adalah sebuah ancaman yang dimana hal tersebut dapat merusak pola pikir para remaja kita dalam menempuh masa transisi mereka.

Kita sering mendengar tragedi yang terjadi dengan para remaja, namun masih saja menyerang mereka dengan stigma masyarakat yang selama ini tidaklah benar. Sebuah kesuksesan tak selalu mengorbankan banyak darah tetapi juga mengorbankan banyak tetes keringat dan air mata.

Berikut 5 hal yang harus kamu lakukan dalam hidup demi mencapai kesuksesan yang diinginkan. Namun, dalam hal ini kamu diminta harus berani berdiri sendiri dan menghadapi semuanya. Kamu juga harus bisa bertahan disaat sulit dan berani menunjukkan suaramu demi sebuah kebenaran, mengapa? Karena kesuksesan tidak menghampiri semua orang.

1. Menjadi Orang Berintegritas.

Apa itu Intergritas? , Integritas bukan hanya tentang perilaku, namun sebuah etika dalam berperilaku. Orang-orang yang berintegritas adalah orang-orang yang jujur dan membela kebenaran. Mereka akan melakukan apa saja demi sebuah kebenaran serta melakukan hal-hal yang benar , yang dimana benar untuk dilakukan.

Saat kamu ingin memiliki karir yang cemerlang dan pekerjaan yang diinginkan, kamu harus memiliki etika dalam berperilaku. Dari sikap itu, orang-orang disekitarmu akan mudah mempercayaimu dan memohon agar kamu dapat bekerja sama dengan mereka.

Integritas diri yang kamu miliki adalah hal yang sangat penting dan berharga jika dibandingkan dengan seberapa jauh pengalaman dan pendidikan yang kamu miliki.

Jika kamu mampu berkata jujur , kamu akan menyadari bahwa dengan hal tersebut kamu dapat membuat banyak perubahan di dunia ini. Di sisi lain, memiliki integritas dalam diri tidaklah merugikan bagimu melainkan menjadi sebuah kesulitan jika kamu tidak memilikinya.

Seperti yang dikatakan Mark Twain, "Jika kamu mengatakan yang sebenarnya, kamu tidak perlu mengingat apa pun."

2. Memiliki Perilaku Baik

Mengapa kamu perlu berperilaku baik? Saat ini sering kita lihat bahwa perilaku sopan santun sudah jarang diterapkan oleh anak remaja masa kini, dikarenakan perkembangan zaman dan budaya-budaya asing yang ada.

Berperilaku baik adalah sebuah hal yang simple , namun masih sulit diterapkan oleh orang-orang saat ini. 

Berperilaku baik kepada orang-orng disekitar kita tak hanya menguntungkan diri kita sendiri namun juga orang banyak. Dengan lebih banyak peduli dan berbagi kepada orang lain, dunia akan terasa indah.

Kesempatan emas hadir bagi orang-orang yang rela sedikit berkorban bagi orang lain. Kita tidak tahu kapan kesempatan itu hadir , maka teruslah berbuat baik.

3. Bekerja Super Keras

Menjadi seorang pekerja keras bukanlah hal yang merugikan. Bekerja keras tak hanya memberikan apa yang kamu inginkan tetapi juga memberikan kepuasan yang berbeda saat menjalaninya.

Para pekerja keras mampu melakukan banyak hal dan memiliki banyak pengalaman. Dalam hal ini, menjadi pekerja keras tak hanya mengorbankan diri demi pekerjaan.

Tetapi melalui kerja keras orang lain dapat menilai kualitas kita dalam bekerja dan kita dapat berkesempatan menangani sebuah pekerjaan besar karena kesanggupan dan sikap kerja keras yang kita miliki. Kerja keras adalah sebuah jalan bagi kamu yang ingin mencapai kesuksesan yang dinginkan.

4. Pemilih Yang Bijak

Dari sekian banyak kemampuan yang telah kamu miliki tak ada yang dapat mengalahkan kemampuan bijak dalam dalam memilih.

Setiap hari kita banyak dihadapkan oleh pilihan-pilihan. Seperti saat menentukan menu sarapan di pagi hari, lama waktu berolahraga, dan sebagainya. Dari pilihan-pilihan itu, tanpa kita sadari sangatlah berpengaruh pada kehidupan kita ke masa mendatang.

Dalam menentukan tujuan hidup dan mimpimu, kamu juga harus berpikir apa saja langkah yang harus kamu lakukan demi mencapainya. Pilihan yang bijak akan mendekatkanmu dengan impianmu.

Menentukan pilihan yang tepat bukanlah hal sulit, namun dalam hal ini kamu harus berpikir panjang dan bersikap bijak. Sadarilah bahwa di dunia ini ada hal-hal yang absolut seperti kegagalan dan kesuksesan serta benar dan salah.

5. Selalu Menjadi Seorang Pelajar

Banyak orang yang berpikir bahwa setelah lulus sekolah dan menjadi sarjana, mereka tak harus lagi menuntut ilmu dan bebas melakukan apapun.

Menurut pemikiran orang sukses, pendidikan tak hanya kita dapatkan melalui sekolah atau instansi pendidikan lainnya. Pendidikan hadir dari buku-buku yang kita temui, orang-orang yang kita temui, dan pengalaman hidup yang kita lewati.

Selama kamu sering belajar kamu juga berkembang. Ketahuilah bahwa semua hal yang hidup di dunia ini pasti berkembang dan hal-hal seperti benda mati tidak.  Seorang penulis sekaligus tokoh motivator, Charlie “Tremendous” Jones pernah berkata bahwa, “Dalam 5 tahun nanti kamu akan tetap menjadi orang yang sama layaknya saat ini namun tidak dalam dua hal; orang-orang yang kamu temui dan buku-buku yang pernah kamu baca".

*Penulis adalah mahasiswi Vokasi Universitas Indonesia, email : desynurfitriani29@gmail.com