HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

DANA, Dompet Digital yang Menarik Perhatian Pelanggan

Perkembangan zaman dan teknologi yang semakin meningkat membawa perubahan pada semua aspek kehidupan manusia. Belakangan ini masyarakat tida...

Perkembangan zaman dan teknologi yang semakin meningkat membawa perubahan pada semua aspek kehidupan manusia. Belakangan ini masyarakat tidak asing lagi dengan e-wallet atau dompet digital. Dompet digital adalah aplikasi elektronik yang dapat digunakan untuk membayar transaksi secara online. Dompet digital merupakan metode pembayaran cashless atau non tunai yang lebih aman, praktis dan menguntungkan.

Foto : Ilustrasi
Hadirnya dompet digital masyarakat tidak perlu repot membawa tas besar untuk memasukan dompet mereka melainkan hanya perlu membawa smartphone saja. Untuk menggunakan dompet digital ini sangat relatif mudah dan cepat yaitu hanya dengan download aplikasi, masukkan nomer handphone yang aktif, lalu buat pin dan prosesnya selesai. 

Dengan menggunakan DANA masyarakat dapat melakukan pembayaran tagihan listrik, transfer antar saldo, cicilan kartu kredit, top up pulsa, belanja di e-commerce dan beberapa transaksi lainnya.

Dana merupakan layanan uang elektronik berbasis server yang diselenggarakan oleh PT Espay Debit Indonesia Koe (EDIK) yang merupakan pemegang lisensi resmi dengan nama DANA yang telah memperoleh izin dari Bank Indonesia melalui surat dengan No. 18/262/DKSP/Srt/B tanggal 29 Februari 2016 untuk mengoperasikan layanan Uang Elektronik berbasis server, izin dari Bank Indonesia sebagai penyelenggara transfer dana berdasarkan tanda izin No. 18/199/Sb/3 tanggal 14 November 2016 serta izin dari Bank Indonesia sebagai penyelenggara dompet elektronik melalui surat dengan No. 20/1370/DSSK/Srt/B tanggal 28 Agustus 2018.

Layanan ini dirancang oleh programer andal Indonesia, DANA hadir dengan sokongan investor kelas dunia PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTEK) sebagai pemegang saham mayoritas, dan Ant Financial. PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTEK)ini telah bekerja sama dengan banyak platform lain, seperti BBM, Cinema XXI, Bukalapak, Ramayana, dan lain sebagainya.

Aplikasi DANA dibuat oleh Vince Iswara yang merupakan seseorang yang tinggal di warga negara Indonesia dan dibuat di Indonesia. Menurut Vince Iswara, CEO Dana, keunggulan pertama dari aplikasi DANA yaitu layanannya merupakan hasil karya anak bangsa, tak dibuat oleh campur tangan asing. Vince mengatakan, Dana juga sudah terintegrasi dengan sistem Kependudukan Catatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri. 

Keuntungan dari aplikasi DANA yaitu, setiap waktu DANA memiliki promo menarik yang bisa diikuti untuk mendapatkan berbagai keuntungan. Salah satu keuntungannya adalah diskon atau cahsback setiap transaksi di merchant-merchant yang bekerja sama. Selanjutnya bisa membayar tagihan apapun disini tidak perlu repot-repot keluar keujanan atau kepanasan untuk membayar tagihan. Dan sekarang DANA juga bisa digunakan untuk membeli tiket nonton juga lohh jadi buat masyarakat yang ingin nonton bioskop namun tidak memiliki banyak waktu untuk membeli tiket dan males untuk antri bisa banget beli tiketnya di DANA dan lebih mengejutkan lagi dapat harga potongan kalau beli tiket di Aplikasi DANA tersebut.

Pengirim : 
Zulfa Nur Zahidah
Mahasiswa Vokasi Universitas Indonesia
Email : nurzahidahzulfa@gmail.com