HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Bhabinkamtibmas Manjago Silongor di Sawah Bersama Petani

Lentera 24.com | SIMEULUE -- Berbagai kegiatan dilakukan di Desa untuk mencari rezeki. Kehadiran Bhabinkamtibmas di Desa sungguh dinantikan...

Lentera24.com | SIMEULUE -- Berbagai kegiatan dilakukan di Desa untuk mencari rezeki. Kehadiran Bhabinkamtibmas di Desa sungguh dinantikan oleh warga dan Para Petani disawah dalam bersinergi dengan warga Salah satunya, menjaga Burung di sawah, agar Padi Blang para petani tidak dimakan burung Silongor dalam bahasa pulaunya. Jum'at (6/12/2019).


Untuk menjaga tanaman padi dari serangan burung Pipit Ticem Tulo (SILONGOR), bhabinkamtibmas Brigadir Sahibur Izar, Sambangi Petani Blang dan turut ikut jaga Silongor bersama di sawah bersama masyarakat binaannya,

Lokasi yang dijaga oleh Bhabinkamtibmas itu di area persawahan milik Pak Jasmis (58), memiliki 4 orang Anak, Desa Latitik Kecamatan Simeulue Tengah Kabupaten Simeulue.

“Kegiatan jaga burung silongor itu bertujuan untuk mengurangi serangan hama burung, atau sering disebut "Silongor" dalam bahasa daerah Simeulue, yang sering mengganggu tanaman padi yang mengakibatkan hasil dari tanaman akan berkurang karena padi terserang dan dimakan oleh hama burung silongor,” kata Pak Bhabin.

Dalam mencegah serangan hama (Burung Pipit atau silongor), para petani menjaga atau menunggu langsung di sawah Blang semenjak mulai terbenamnya mata hari sampai malam,

Biasanya para petani mengunakan ketepel atau jaring pada saat jaga burung silongor di Blang, karena burung silongornya sedikit, maka kami hanya berteriak-teriak saja agar hama Silongor itu pergi," jelas Pak Jasmin Pemilik Sawah Blang.

Bapak Jasmin menambahkan "kehadiran Bhabinkamtibmsa di Desa, kami sangat senang dan sangat terbantu sekali, Pak Bhabin tersebut sudah dikenal oleh warga Desa kami, karena dari sikap dan perilaku yang selalu peduli dan sering datang kekampung kami dan tak asing lagi sama warga dan mau turut serta menjaga mengusir burung silongor dengan para petani. 

“Kami mengharapkan kebersamaan antara warga dan Bapak Polisi yang sudah terjalin dengan baik ini terus dipertahankan,” kata Jasmin. [] L24 (Dahman Efendi)