HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Teleskop Luar Angkasa Tangkap Lubang Hitam Raksasa 'Merobek' Bintang

Lentera 24.com | JAKARTA -- Sebuah lubang hitam (Black Hole) raksasa terlihat menarik dan merobek bintang untuk pertama kalinya. Bintang itu...

Lentera24.com | JAKARTA -- Sebuah lubang hitam (Black Hole) raksasa terlihat menarik dan merobek bintang untuk pertama kalinya. Bintang itu seukuran dengan matahari Bumi dan berjarak 375 juta tahun cahaya.

Bintang yang berukuran sebesar matahari Bumi ini terlihat dari 375 juta tahun cahaya melengkung dan berliku ke tarikan gravitasi lubang hitam supermasif, menurut para peneliti di Astrophysical Journal, dikutip dari Skynews.

Teleskop pencari planet milik NASA, Transiting Exoplanet Survey Satellite TESS, menangkap garis waktu terperinci dari awal hingga akhir untuk pertama kalinya. Para astronom menggunakan jaringan teleskop di seluruh dunia untuk mendeteksi fenomena tersebut sebelum melihat TESS. Ini memang dirancang untuk menemukan planet yang jauh.

"Ini benar-benar kombinasi dari keduanya menjadi baik dan beruntung, dan kadang-kadang itulah yang Anda butuhkan untuk mendorong ilmu pengetahuan ke depan," ucap Homas Holoein, astronom untuk Carnegie Institution for Science.

Bintang akan terperangkap ketika mereka bergerak terlalu dekat ke lubang hitam supermasif, yang hidup di pusat sebagian besar galaksi. Gaya gravitasi dari lubang hitam cukup mengesankan karena dapat menghancurkan bintang, dengan sebagian materialnya hancur dan terlempar ke ruang angkasa dan sebagiannya masuk ke dalam lubang hitam. | okezone