HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Masjid Al-Hikmah Desa Suka Jadi, Karang Baru Terancam Longsor Kedasar Sungai Tamiang

Lentera24.com | ACEH TAMIANG -- Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang diminta segera tanggap terhadap kondisi dan keutuhan bangunan Masjid Al-H...

Lentera24.com | ACEH TAMIANG -- Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang diminta segera tanggap terhadap kondisi dan keutuhan bangunan Masjid Al-Hikmah di Desa Suka Jadi Kecamatan Karang Baru.


Sebab pekarangan disisi samping Masjid Al-Hikmah sejak beberapa tahun lalu terus saja terkikis oleh air sungai Tamiang. Jika hal ini tidak segera diatasi, Masjid yang berdiri disisi Daerah Aliran Sungai (DAS) Tamiang dimaksud bisa terancam roboh dan amblas kedasar sungai.

Datok Penghulu Kampung (Kepala Desa) Suka Jadi, Jasman Tanjung melalu Kepala Dusun Citra III, Muhammad Amin dan Kepala Dusun Karya, Weriono menyatakan rasa kekhawatirannya terhadap keselamatan bangunan Masjid Al-Hikmah tersebut.

"Kalau Pemerintah tidak segera mengambil langkah positif melalui kebijakannya, alamat Masjid kami ini bisa berpindah kedasar sungai," ungkap Kepala Dusun Citra III, Muhammad Amin yang didampingi Weriono kepada Lentera24, Minggu (29/9) di Karang Baru.

Amin dan Weriono memastikan kalau Pemerintah Desa Suka Jadi dan warga tidak memiliki kesanggupan untuk membangun beronjong atau sejenisnya pada tebing sungai disamping Masjid yang kian lama semakin habis karena erosi.

"Yang mampu membangun beronjong atau sejenisnya itu hanya pemerintah. Soalnya untuk mewujudkan bangunan sebagai penangkal erosi  tersebut tentu akan menelan biaya yang jumlahnya tidak sedikit," ujar Amin.

Dia menyebutkan, Masjid Al-Hikmah merupakan satu-satunya Masjid yang ada di Desa mereka. Untuk itu kata Muhammad Amin, segenap masyarakat Desa Suka Jadi sangat berharap kepada Pemkab Aceh Tamiang maupun Pemerintah Provinsi Aceh untuk merealisasikan sebagian anggarannya untuk pembangunan beronjong ataupun sejenisnya.

Amatan Lentera24, dampak dari erosi yang kini hanya menyisahkan sedikit pekarangan dari dinding Masjid tersebut. Bahkan pagar Masjid pun kini sudah condong kerah sungai dikarenakan struktur tanah tapak pagar sudah melorot dan longsor kesungai. [] L24-Suparmin