HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Sadarkah Anda, Ini 10 Data yang "Diambil" Google dari Kita Setiap Saat

Lentera 24.com | JAKARTA -- Kasus kebocoran data yang terjadi pada 50 juta pengguna Facebook membuat masyarakat dunia mempertanyakan keaman...

Lentera24.com | JAKARTA -- Kasus kebocoran data yang terjadi pada 50 juta pengguna Facebook membuat masyarakat dunia mempertanyakan keamanan data mereka di internet. Pasalnya, banyak informasi dan data yang dapat diambil seseorang melalui sejarah yang ditinggalkan penggunanya di dunia maya.

Foto : Engadget
Namun ternyata, selain Facebook, ada beberapa perusahaan lain yang ternyata secara tanpa kita sadari mengumpulkan informasi kita. Salah satunya adalah perusahaan mesin pencari raksaa, yakni Google.

Tak tanggung-tanggung, The Guardian mengatakan jika ternyata Google menyimpan puluhan data penting para pengguna layanan mereka. Nah, jika Anda penasaran data apa saja yang telah diambil, berikut ini 10 jenis data yang telah Google kumpulkan dari Anda secara diam-diam.

1. Sejarah Pencarian

Hal pertama yang dilakukan oleh Google adalah menyimpan semua histori pencarian di seluruh perangkatmu. Jika semua perangkat Anda terhubung dengan sebuah akun, maka pada saat Anda melakukan pencarian di perangkat apapun, Google akan merekam seluruh sejarah pencarian Anda tanpa terkecuali.

2. Menampilkan Iklan Melalui Data yang Dikumpulkan

Setelah mengambil data, Google juga menyimpan pencarian Anda di sebuah situs, misalnya saja dari sebuah e-commerce. Data ini nantinya akan digunakan oleh Google untuk menampilkan iklan yang pas untuk Anda pada saat seseorang masuk ke situs tertentu.

3. Google Menyimpan Aplikasi yang Anda Pakai

Saat pengguna ingin memasang aplikasi tertentu di perangkat Android mereka, Google akan menyimpan data tersebut. Hal ini dilakukan agar Google bisa memberikan rekomendasi apliaksi terbaik bagi para pengguna saat mereka masuk kedalam Play Store.

4. Menyimpan Tontonan YouTube Anda

Tak hanya data pencarian saja, namun Google juga menyimpan segala judul video yang telah Anda putar. Hal ini dikarenakan mereka membutuhkan data ini untuk menampilkan video yang cocok bagi pemirsa mereka.

5. Google Tahu Lokasi Pengguna

Google ternyata juga menyimpan lokasi tempat-tempat yang kamu pakai semenjak hari pertama kamu memakai Google di smartphone penggunaya. Hal ini terjadi ketika Anda menyalahkan fitur Location History di perangkat Anda.

6. Google Simpan Data yang Anda Hapus

Ketika Anda menghapus sebuah file yang disimpan di Google Drive, ternyata tidak semua informasi tersebut hilang. Hal ini dikarenakan Google masih menyimpan informasi tersebut untuk Anda lho!

7. Semua Acara yang Kamu Hadiri

Selain dapat mengakses data biasa, Google ternyata juga bisa menyimpan data acra yang dihadiri oleh pengguna akun mereka. Hal ini dikarenakan data yang masuk melalui Google Calendar bisa dibaca dan disimpan oleh mereka.

8. Jadwal Olahraga

Apakah Anda menggunakan fitur Google Fit? Jika iya maka data semua kegiatan Anda seperti rute lari, keadaan saat berolah raga, atau kegaitan lain disimpan datanya oleh Google lho!

9. Foto Pengguna

Nah, jika Anda pengguna menggunakan Google Photo, maka kemungkinan besar Google telah mengetahui bagaimana rupa Anda. Pasalnya, AI Google sudah bisa mempelajari muka seseorang melalui foto.

10. Segala Percakapan Email

Nah yang terakhir adalah menyimpan segala percakapan Email dari akun Gmail Anda. Mulai dari pesan masuk, pesan keluar, iklan, dan bahkan data spam juga bisa diambil oleh mereka lho!. [] OKEZONE.COM