HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Jakarta Kirim Nota Diplomatik atas Kecerobohan Malaysia

Foto : TNI  suara-tamiang.com -- Jakarta akan mengirim nota diplomatik untuk memprotes apa yang diakuinya invasi terhadap ruang angkasa...

Foto : TNI 
suara-tamiang.com -- Jakarta akan mengirim nota diplomatik untuk memprotes apa yang diakuinya invasi terhadap ruang angkasa dan perairann Indonesia oleh tentara Malaysia di wilayah Nunukan, Kalimantan Utara.

“Kami akan mengirim nota protes kepada pemerintah Malaysia sehubungan pelanggaran wilayah perbatasan Indonesia di Nunukan,” kata Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Indonesia, Tedjo Edhy Purdijatno kemarin.

Katanya, pada tahun ini saja militer laut dan udara Malaysia didapati memasuki wilayah Indonesia di Nunukan beberapa kali tanpa izin.

“Isu ini sudah disampaikan kepada Menteri Luar Indonesia, Retno Marsudi sehingga ia mengajukan protes kepada pemerintah Malaysia,” ujarnya.

Tedjo mengatakan, langkah awal yang dilakukan tentara Indonesia adalah dengan pengetatan pemantauan dan patroli di wilayah itu termasuk menempatkan pesawat di pangkalan militer di Kalimantan Utara.

Menurut tentara Indonesia, kapal perang Malaysia terdeteksi menginvasi perairan Ambalat di Nunukan sebanyak sembilan kali, namun berhasil dicegat dan diusir.

“Aksi provokasi dari negara tetangga itu menyebabkan kami memperkuat pertahanan laut, udara dan darat di wilayah ini.

“Kami menambah jumlah aset udara dan laut demi menjaga kedaulatan serta keamanan wilayah perbatasan ini,” jelasnya. (harianaceh)