HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Siswa Berprestasi SMPN 1 Kuala Simpang : Saya Ingin Membanggakan Semuanya

Foto :    Muhammad Ryan Maulana  suara-tamiang.com , KUALASIMPANG  -- Nama besar SMP Negeri 1 Kuala Simpang kembali naik ke permukaan ...

Foto :  Muhammad Ryan Maulana 
suara-tamiang.com, KUALASIMPANG -- Nama besar SMP Negeri 1 Kuala Simpang kembali naik ke permukaan setelah seorang siswanya berhasil menggondol predikat juara 1 dalam kompetisi adu kecerdasan bergengsi ditingkat Propinsi Aceh melalui ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) Siswa SMP tahun 2015 yang diselenggarakan pada 17 hingga 19 April 2015 lalu di Banda Aceh.

Dengan demikian, Siswa yang bernama Muhammad Ryan Maulana berhak mengikuti kegiatan OSN siswa SMP tingkat Nasional tahun 2015 di Kota Palu, Propinsi Sulawesu Tengah pada pertengahan Mei mendatang. Sebelumnya, beberapa tahun lalu siswa asal SMPN 1 Kuala Simpang dimaksud juga sudah pernah mengikuti kegiatan sama ditingkat Nasional di Gorontalo dan sering lolos diajang kompetisi OSN tingkat Propinsi.

Putra ke 4 Dari pasangan Rinaldi dan Evi Safitri ini, dilingkungan sekolahnya dikenal sebagai siswa berprestasi, kepandaiannya yang paling menonjol bagi Ryan adalah dibidang mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Keunggulan Ryan dibidang mata pelajaran IPS  tersebut diakui oleh seorang guru yang bernama Jantur Sunaryo, SPd. Jantur Sunaryo merupakan sosok guru pembimbing yang selama ini selalu aktif dalam memberi materi kepada Ryan.

Sebelum diikutsertakan pada OSN tingkat kabupaten Aceh Tamiang, sebanyak 10 orang  siswa yang di pilih untuk mengikuti uji kemampuannya ditingkat sekolah. Dalam proses pemilihan tersebut ternyata memang Ryan yang paling berprestasi dan berpotensi sehingga  unggul dalam hasil penilaian.

“Makanya Ryan kita usung untuk mengikuti OSN ditingkat Kabupaten dan hasilnya ternyata sangat menggembirakan, baik ditingkat Kabupaten maupun ditingkat Propinsi”, ungkap Jantur didampingi Kepala SMPN 1 Kuala Simpang, Ramlan, SPd diruang kerjanya, Rabu (6/5).

Ramlan Kepada beritalima menuturkan, pra kegiatan OSN tingkat Kabupaten, Jantur dan seorang guru lainnya, Sakdiah, SPd secara rutin telah memberikan bimbingan berupa pembekalan ilmu pengetahuan kepada siswanya sebanyak 16 kali pertemuan.

“Harapan kami ingin si Ryan bisa berhasil ditingkat Nasional, sehingga membawa nama baik sekolah, daerah Aceh Tamiang dan Propinsi Aceh kuhususnya. Semoga melalui tangan Ryan, SMPN 1 Kuala simpang ini bisa menjadi sekolah yang terbaik”, sambungnya.

Sementara, Muhammad Ryan Maulana menjawab beritalima mengaku mempunyai target dalam kegiatan ajang OSN ditingkat Nasional. Ryan berniat ingin mendulang emas Kota Palu yang akan diperuntukkan bagi sekolah dan daerah asalnya.

“Saya ingin membawa pulang medali emas pada kompetisi OSN tingkat Nasional nanti. The best pratikum dan the best teori, satu diantaranya harus bisa saya raih. Semoga bisa jadi yang terbaik, bisa membanggakan semuanya, orang tua, sekolah, kabupaten dan Propinsi”, ujar Ryan.

Selain itu, dalam menyikapi pelaksanaan UN tahun 2015 yang saat ini sedang berlansung, Kepala SMPN 1 Kuala simpang, Ramlan, SPd juga memiliki target tersendiri dalam capaian hasil UN. Sebab kata Ramlan, dalam persiapannya menghadapi UN, pihak sekolah telah lama mempersiapkan diri untuk bisa meraih hasil maksimal.

“Diharapkan bisa meraih hasil ujian yang terbaik dan lolos masuk di 3 besar pada tingkat Kabupaten Aceh Tamiang”, harap Ramlan, SPd seraya menambahkan UN disekolah tersebut diikuti oleh 190 orang siswa .

Dalam persiapannya tersebut, kata Ramlan, pihaknya telah menempuh dari 2 jalur dalam pembekalan ujian Nasional bagi siswa-siswinya. Dijelaskannya, jalur pertama pada proses pembekalan tersebut yakni melalui belajar secara internal yang dibimbing oleh guru dan yang kedua melalui bimbingan belajar (Bimbel) dari Ganesha Operation (GO). (Suparmin/STC)