HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

KTNA Siap Wujudkan Kemandirian Petani Karet dan Sawit

suara-tamiang.com, KARANG BARU -- Pengurus Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Aceh Tamiang siap memfasilitasi petani untuk mewujudkan kema...

suara-tamiang.com, KARANG BARU -- Pengurus Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Aceh Tamiang siap memfasilitasi petani untuk mewujudkan kemandirian di bidang perkebunan khususnya sektor tanaman karet dan kelapa sawit, yang selama ini sering dihadapkan dengan persoalan pemanfaatan lahan, sulitnya memperoleh bibit yang baik serta kualitas hasil yang ingin dicapai.

Ketua KTNA Aceh Tamiang M Hendra Vramenia, Minggu (10/5) mengatakan, program pertanaman karet dan kelapa sawit akan disahuti sesuai target atau sasaran masyarakat petani di luar kelompok.

"Masyarakat tersebut yang memiliki lahan namun belum dimanfaatkan, sehingga tidak terlantar dan bisa menambah pendapatan," ujar Hendra.

Hendra menyampaikan, sebelumnya berkenaan hal tersebut mereka sudah melalui audensi ke Dinas Perkebunan Aceh, di Banda Aceh, Jumat (8/5).

Mereka diterima Kabid Produksi dan Perlindungan Tanaman Nurchalis SP lalu membahas rencana kerja KTNA Aceh Tamiang tersebut.

Rencananya, tahun ini Dinas Perkebunan Aceh mengalokasikan bibit karet sebanyak 5.000 batang dan kelapa sawit 5.000 batang, melalui KTNA Aceh Tamiang untuk didistribusikan kepada masyarakat yang memiliki lahan namun tidak bergabung dalam kelompok tani.

"Kami akan melakukan pendataan dan survey ke beberaapa daerah yang akan menjadi sasaran. Seperti Kecamatan Tamiang Hulu, Tenggulun, Bandar Pusaka, Rantau dan Karang Baru.

Di antara wilayah tersebut, ada yang belum pernah tersentuh bantuan bibit karet dan kelapa sawit," katanya.
Bilamana program ini terwujud, tentunya akan meningkatkan pendapatan masyarakat.

"Dan tidak tertutup kemungkinan pemerintah akan mendukung untuk peningkatan bantuan pada tahun yang akan datang," demikian Hendra. (indra/stc)