HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Ketua Kopazka : Jangan Lupakan Pendiri IAIN Langsa

Foto : IAIN  suara-tamiang.com, LANGSA -- Sejarah IAIN Langsa harus dilihat secara utuh, artinya tidak boleh dilihat sepotong-sepotong...

Foto : IAIN 
suara-tamiang.com, LANGSA -- Sejarah IAIN Langsa harus dilihat secara utuh, artinya tidak boleh dilihat sepotong-sepotong. IAIN Langsa memiliki  akar yang kuat dalam sejarah kemunculannya. 

IAIN Langsa adalah karya dan produk intelektual anak negeri yang mempunyai komitmen dan kepedulian terhadap pendidikan anak bangsa. 

Melihat sejarah harus dengan komprehensif dan totaliti, dimana IAIN Langsa saat ini merupakan kelanjutan dari IAI Zawiyah Cot Kala Langsa yang didirikan pada tahun 1980. 

Kemudian berubah status menjadi STAI Zawiyah Cot Kala Langsa pada tahun 1981, dan pada tahun 2006 STAI Zawiyah Cot Kala Langsa menjadi STAIN Zawiyah Cot Kala dan akhirnya pada tahun 2014 berubah kembali menjadi IAIN Langsa. Ini adalah sejarah IAIN Langsa yang harus diketahui oleh semua pihak.

Demikian ungkapan Sekjend Pengurus Pusat, korps alumni Zawiyah Cotkala (Kopazka), Hermansyah S.Sos.I, kepada wartawan, Kamis (14/5) di cafe klasik Langsa.

Masih menurutnya, Semangat para pendiri pada tahun 1980 telah membuahkan hasil yang mengembirakan, dimana saat ini kampus yang pernah mereka dirikan telah berkembang pesat ditanah air khususnya di provinsi Aceh. 

Para pendiri tersebut yakni Hasan ZZ, Azhar Zakaria, Muhammad Arifin Amin dan Idris Harahap. Mereka adalah tokoh intelektual dan inisiator kelahiran IAIN Langsa yang sangat megah ini. 

Rasa cinta terhadap sejarah dan kepedulian mereka pada pendidikan telah mereka tuangkan dalam bentuk prasasti pendirian perguruan tinggi tesebut. 

Kemudian, mereka menabalkan nama Zawiyah Cot Kala pada IAIN Langsa untuk mengabadikan dan menghidupkan kembali kejayaan perguruan tinggi yang terbesar di Asia Tenggara abad 7 Masehi yakni Zawiyah Cot Kala. Ini merupakan bentuk penghargaan pada sejarah bangsa.

Betapa besar pengabdiannya pada kampus IAIN Langsa, maka sudah sepantasnya kita menghargai usaha dan kerja keras mereka dalam mendirikan perguruan tinggi ini. 

Penghargaan ini dapat dilakukan dengan cara menabalkan nama mereka pada sarana-sarana kampus IAIN Langsa. 

Misalnya, nama Hasan ZZ ditabalkan pada nama mesjid kampus IAIN Langsa, nama Azhar Zakaria ditabalkan menjadi nama perpustakaan, nama Muhammad Arifin Amin ditabalkan pada nama aula kampus dan nama Idris Harahap pada nama asrama mahasiswa di kampus IAIN Langsa. 

Penabalan nama mereka sudah menjadi keharusan dan kewajiban sebagai bentuk penghargaan atas jasa-jasa mereka terhadap kampus IAIN Langsa. (Saiful alam).