HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Dari 34 Penderita HIV/AIDS di Tamiang, Separuh Meninggal

Foto : Ilustrasi/hiv/aids  suara-tamiang.com, KARANG BARU -- Kepala Dinas Kesehatan Aceh Tamiang dr Fajri diwakili Kabid Pengendalian Ma...

Foto : Ilustrasi/hiv/aids 
suara-tamiang.com, KARANG BARU -- Kepala Dinas Kesehatan Aceh Tamiang dr Fajri diwakili Kabid Pengendalian Masalah Kesehatan Jullaman, SKM menyebutkan, jumlah penderita HIV/AIDS di Kabupaten Aceh Tamiang mencapai 34 orang, di mana 16 orang di antaranya meninggal dunia.

"Data itu terhitung sejak tahun 2006 hingga sekarang. Ke-34 pengidap HIV/AIDS itu tersebar di kecamatan Karang Baru, Kejuruan Muda, Seruway, Bendahara, Rantau, Tenggulun, Tamiang Hulu dan Banda Mulia," terang Jullaman.

Sementara untuk 11 orang yang diketahui terjangkit HIV, sudah dilakukan penanganan, meski ada dua penderita di antaranya ingin ditangani oleh pihak medis di luar Aceh Tamiang, berhubung kedua pasien HIV tersebut berdomisili di daerah Brandan, Kabupaten Langkat, Sumut.

"Para penderita HIV/AIDS tersebut rata-rata mantan pekerja seks komersial yang telah berkeluarga, kemudian tanpa disadari menular kepada suami dan anaknya. Bahkan, ada kasus satu bayi meregang nyawa akibat tertular AIDS dari orang tuannya sendiri," ungkap Jul.

Dia mengaku pihaknya sudah melakukan penanganan berupa sero surveilanse guna mendeteksi kelompok-kelompok berisiko dengan mengambil sampel darah. Dan belum lama ini sudah dilakukan di LP Kampung Dalam. (dede/stc)