HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Koptan Jaya Mandiri Panen Perdana Kedelai

panen kedelai  suara-tamiang.com, ACEH TAMIANG -- Kelompok Tani (Koptan) Jaya Mandiri di Kampung Bandung Jaya, Kecamatan Manyak Payed,...

panen kedelai 
suara-tamiang.com, ACEH TAMIANG -- Kelompok Tani (Koptan) Jaya Mandiri di Kampung Bandung Jaya, Kecamatan Manyak Payed, Aceh Tamiang, penen perdana kedelai, Minggu (19/4), dihadiri kepala Dinas Pertanian dan Perternakan Aceh Tamiang Ir Fuadi.

Panen perdana ini di lahan seluas 40 hektare. Kadis Pertanian dan Peternakan Fuadi mengapresiasi keberhasilan tersebut, namun tetap meminta petani sabar dalam menyikapi cuaca yang ekstrem saat ini yang bias mengganggu tanaman.

"Akan tetapi dengan cuaca yang ekstrem ini, patut dibaggakan para petani kedelai di Kampung Bandung Jaya dapat menuai hasil," kata Fuadi.

Dari data yang diperoleh dari Koodinator Stastik Kecamatan (KSK) Manyak Payed, hasil panen kedelai sebanyak 1,4 ton/hectare.

Fuadi yang didampingi Danramil 15/Manyak Payed Kapt Inf Muhammad AR menyebutkan, tahun lalu hasil panennya hanya 1,2 ton/hektar.

Dengan bergabungnya petani dalam Kelompok Jaya Mandiri, ternyata dapat meningkatkan hasil panen.

Ketua Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kecamatan Manyak Payed, AT Kuwayan didampingi Ketua Kelompok Jaya Mandiri Supriadi mengatakan, keberhasilan panen kedelai ini dikarenakan benih kedelai yang ditanam lumayan bagus.

"Untuk Kecamatan Manyak Payed dengan luas tanam 251 hektare, keberhasilan mencapai 80 sampai 85%," ujar Kuwayan.

Menurut Kuwayan, benih kedelai varitas Anjasmoro yang diterima kelompoknya lebih baik sehingga dapat menghasilkan panen yang mutunya juga lebih baik.

Acara panen tersebut juga dihadiri Kepala Bidang Produksi Tanaman Pangan dan Holtikultura Fatimah Hanum, Kepala Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Manyak Payed Iskandar Mirza, Mantri Tani Nely Fadilah, Babinsa Koptu Suardi, serta Abdul Azis selaku LO dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Aceh. (indra/stc)