HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Lazis Muhammadiyah Hadir di Tengah-Tengah Masyarakat Aceh Tamiang

suara-tamiang.com , Karang Baru | Diharapkan, kehadiran Lazismu di Kabupaten Aceh Tamiang mampu membawa kemajuan yang positif dalam hal p...

suara-tamiang.com, Karang Baru | Diharapkan, kehadiran Lazismu di Kabupaten Aceh Tamiang mampu membawa kemajuan yang positif dalam hal penanganan penerimaan serta penyaluran Zakat, Infak dan Shadaqah (ZIS)kepada umat. 

Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Aceh Tamiang mulai menerapkan program pengelolaan zakat, infak dan shadaqah. Lembaga yang diberinama LAZISMU (Lembaga zakat, infak dan shadaqah Muhammadiyah) tersebut merupakan lembaga yang mirip dengan Baitul Mal, Lazismu juga suatu Lembaga zakat Nasional yang operasi pengelolaannya diizinkan .

Di Kabupaten Aceh Tamiang, Lazismu baru dibentuk pada Agustus 2014. Meskipun keberadaan Lazismu di Aceh Tamiang terbilang baru seumur jagung, namun sudah melakukan aktifitas yang sangat bermanfaat bagi masyarakat luas, demikian ungkap Ketua PD Muhammadiyah Kabupaten Aceh Tamiang, Mukhlis, SPd.I kepada beritalima.

"Di Kabupeten Aceh Tamiang,Lembaga LazisMu ini baru dibentuk pada bulan Agustus kemarin, akan tetapi selain berfungsi sebagai pengumpul dan penyalur zakat, infaq serta shadaqah, ditahun ini, Lazismu juga melakukan penanganan dan penyaluran daging qurban atau juga disebut sebagai panitia qurban. 

Walaupun masih usia muda, namun Lazismu sudah dikenali dikalangan masyarakat luas di Aceh Tamiang, sebab itulah, sekarang ini sudah banyak kalangan PNS serta anggota DPRK yang membayar zakatnya melalui Lazismu", ujar Mukhlis.

Dikatakannya, dengan adanya lembaga Lazismu dimaksud, sistem pengelolaan zakat serta infaq dan shadaqah bisa dilaksanakan dengan baik dan penyalurannya bisa tepat kepada sasaran penerima manfaat.

"Insya Allah, penyalurannya bisa berjalan dengan baik dan terpercaya serta dipercaya oleh khalayak umum.  sebab didalam pengelolaan ini tidak ada yang namanya penyelewengan atau mementingkan diri pribadi secara tidak jujur", imbuh Mukhlis.

Disebutkan Mukhlis, Panitia Qurban tahun 1435 Hijriah/2014 M ini, warga Muhammadiyah Kabupeten Aceh Tamiang yang menyebar diseluruh Kecamatan melaksanakan penyembelihan hewan Qurban melalui Lazismu. 

Sebanyak 60 ekor hewan qurban, yakni 43 ekor sapi dan 19 ekor kambing, dagingnya telah dibagikan kepada masyarakat.Di Masjid Taqwa Muhammadiyah Kualasimpang melakukan penyembelihan hewan qurban sebanyak 7 ekor sapi, sebanyak 12 ekor sapi dan 4 ekor kambing di Masjid Taqwa Muhammadiyah desa Paya Bedi Kecamatan Rantau. 

5 ekor sapi dan 3 ekor kambing di Desa Sriwijaya Kecamatan Kota Kualasimpang, Di Masjid Taqwa Desa Kota Lintang Kecamatan Kualasimpang juga menyembelih hewan qurban sebanyak 6 ekor sapi dan 2 ekor kambing, sedangkan di Desa Harum Sari Kecamatan Tamiang Hulu warga Muhammadiyah disana melakukan qurban sebanyak 5 ekor sapi dan 7 ekor kambing. 

Sementara itu penyembelihan 4 ekor sapi dan 3 ekor kambing hewan qurban juga dilakukan warga Muhammadiyah Sungai Iyu Kecamatan Bendahara, selain itu juga di Masjid Taqwa Sungai Liput Kecamatan Kejuruan Muda menyembelih 2 ekor sapi. 

Sedangkan di Masjid Taqwa Tenggulun Kecamatan Tenggulun dan Rantau masing masing melaksanakan qurban sebayak 1 ekor sapi. (soeparmin/stc)

Foto : Lazismu(soeparmin/stc)