HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

1.040 Hektare Lahan Sawit di Leuser Ditutup

suara-tamiang.com , Aceh Tamiang | Aktivis Leuser dari Forum Konservasi Leuser (FKL) bekerja sama dengan Dinas Kehutanan Provinsi Aceh dan...

suara-tamiang.com, Aceh Tamiang | Aktivis Leuser dari Forum Konservasi Leuser (FKL) bekerja sama dengan Dinas Kehutanan Provinsi Aceh dan Dinas Kehutanan Kabupaten Aceh Tamiang menutup 1.040 hektare perkebunan sawit yang masuk dalam wilayah Ekosistem Leuser kemarin. Penutupan lahan dilakukan secara simbolis dengan menumbangkan enam pohon sawit di lokasi.

"Ini sebagai tanda bahwa semua pohon sawit yang masuk dalam kawasan Ekosistem Leuser akan ditebang karena sudah masuk jalur tapal batas," kata Tejar Fahlevi, Koordinator Forum Konservasi Leuser (FKL) Wilayah Kabupaten Aceh Tamiang, hari ini, Selasa, 30 September 2014. 

Tejar juga mengungkapkan bahwa penyisiran tapal batas kawasan ekosistem Leuser ini telah dilakukan pada 2008 lalu. 

Penyisiran digelar sejumlah aktivis lingkungan bekerja sama dengan Badan Pelaksana Kawasan Ekosistem Leuser (BPKEL) yang kini telah dibubarkan.

Kepala Dinas Kehutanan Aceh Husaini Syamaun mengatakan penutupan lahan sawit itu untuk mengembalikan kawasan hutan yang telah terlanjur dipotong dan ditanami. 

"Pengembalian ini tidak bisa hari besok jadi, tapi perlu berpuluh tahun." Untuk kelanjutannya, Dinas Kehutanan dan Forum Konservasi Leuser (FKL) serta Dinas Kehutanan Kabupaten akan berkoordinasi untuk pengawalan kawasan hutan berikutnya. 

"Nanti setelah sawit di alur tapal batas ditebang, kami akan duduk bersama untuk membahas restorasi berikutnya," ujar Alfuadi, Kepala Dinas Kehutanan Kabupaten Aceh Tamiang. (imbar ma(aceh)/tempo.co)

Foto : Perkebunan kelapa sawit