HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Pemkab Atam Bangun Bumi Perkemahan di Aras Sembilan

suara-tamiang.com - Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang mulai membangun bumi perkemahan pramuka di Desa Aras Sembilan, Kecamatan Bandar Pus...

suara-tamiang.com - Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang mulai membangun bumi perkemahan pramuka di Desa Aras Sembilan, Kecamatan Bandar Pusaka, Rabu (13/8). 

Dua unit alat berat diturunkan untuk ladnclearing lokasi guna membangun sejumlah sarana dan prasarana dalam rangka menyambut event Perkemahan Wirakarya Daerah (PWD) se Provinsi Aceh.

Wakil ketua panitia pelaksana seksi tempat Zulfikar saat dijumpai wartawan di lokasi tersebut mengatakan, sejumlah prasarana seperti lapangan upacara, areal pameran budaya, tempat parkir dan jalan baru sepanjang dua kilometer juga akan dibangun. Selain itu pasar rakyat akan dibuka selama berlangsungnya event.

"Dua unit alat berat jenis beko dipinjam dari Dinas Pekerjaan Umum serta Badan Lingkungan Hidup dan Kebersihan, akan berada di tempat ini sampai pembangunan selesai," kataya.

Sebelum PWD, di lokasi itu akan terlebih dahulu digelar Kemprata mulai tanggal 4 sampai 7 September 2014. Selanjutnya perkemahan wirakarya daerah 22 sampai 28 September 2014.

Terpisah Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Aceh Tamiang Yetno SPd menerangkan, Aceh Tamiang ditunjuk sebagi tuan rumah PWD setelah dianggap sukses menggelar Kemprata V pada tahun 2013 yang diikuti sekitar 2.500 peserta.

Dijelaskan, sasaran kegiatan perkemahan wirakarya di antaranya giat bakti fisik di subcamp Kecamatan Seruway, terdiri dari perbaikan balai pengajian, pembuatan bak sampah, rehabilitasi drainase peemukiman kumuh dan penanaman mangrove. 

Lalu di subcamp Tamiang Hulu juga ada kegiatan perbaikan balai pengajian, pembuatan bak sampah dan rehab drainase pemukiman kumuh.

"Semua itu dilakukan pada tanggal 23 sampai 27 September 2014 yang tersebar di sejumlah desa di dua kecamatan tersebut," ujar Yetno.

Sementara kegiatan non fisik yakni budidaya ikan lele serta pengelolaanya dan pelestarian tuntung laut pada tanggal yang sama, akan dilaksanakan di Desa Tanjung Seumentoh Kecaatan Karang Baru dan Desa Sidodadi Kecamatan Kejuruan Muda.

Selanjutnya kegiatan pengetahuan dan keterampilan di antaranya pembibitan jamur tiram, pembuatan pupuk kompos, inovasi pakan ternak dan pembuatan terasi dipraktikkan di kompleks Pertamina Rantau, Desa Tualang Gedong dan Sungai Kuruk III di Kecamatan Seruway. (dede/stc)

Foto: Ilustrasi/kabarpuplik.com