HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Diduga PMKS PT SISIRAU Lakukan Intervensi Hasil Baku Mutu Limbah

SOEPARMIN | STC ACEH TAMIANG | Terkait polusi asap yang disertai abu hitam yang dihasilkan dari Pabrik Minyak Kelapa Sawit (PMKS) PT Si...

SOEPARMIN | STC

ACEH TAMIANG | Terkait polusi asap yang disertai abu hitam yang dihasilkan dari Pabrik Minyak Kelapa Sawit (PMKS) PT Sisirau yang menyebar dipemukiman penduduk kuat dugaan selain pencemaran udara  juga berdampak pada efek kesehatan bagi manusia.

pada Sabtu (9/8) lalu,Sekretaris Badan Lingkungan Hidup Dan Kebersihan (BLHK) Kabupaten Aceh Tamiang, Sayed Mahdi, SP,MSi mengatakan akan menindak lanjuti hal tersebut serta akan melihat laporan terkait dikantornya, karena jika terbukti melebihi baku mutu pihaknya akan memberi surat teguran kepada PT Sisirau sesuai dengan Undang – undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan Lingkungan Hidup.

"Hasil Lab. Pada semester pertama 2014 untuk udara yang dilaporkan pihak PMKS PT SISIRAU kepada BLHK (Badan Lingkungan Hidup dan Kebersihan) Kabupaten Aceh Tamiang pada Juni lalu hasilnya telah kami baca dan isi laporannya tidak ada yang melebihi baku mutu", ujar Sayed Mahdi Selasa (12/8) diruangan kantornya ketika mengomentari laporan pegelolaan dan pemantauan lingkungan oleh PMKS PT Sisirau.

Sayed mengatakan, pihak BLHK setempat hanya menerima hasil Laboratorium Medan yang diserahkan pihak perusahaan kepada BLHK. 

Aneh memang jika melihat pernyataan laporan dimaksud, sementara fakta dilapangan menunjukan adanya  abu hitam yang meyebar terbawa angin kepemukiman padat penduduk  yang oleh masyarakat disekitarnya dianggap sangat meresahkan kenyamanan mereka. 

Hasil Laboratorium tersebut sangat bertentangan dan bertolak belakang dengan fakta dilapangan.Secara kasat mata, jelas banyak debu berterbangan dan menempel pada tembok (dinding) rumah, atap, lantai, jemuran pakaian dan bahkan masuk kedalam rumah yang menyebabkan perabot rumah tangga serta kain jendela menjadi berubah warna, sedangkan hasil lab menyebutkan tidak melebihi baku mutu.

Penomena tersebut tidak menutup kemungkinan adanya dugaan bahwa pihak Perusahaan penghasil Crude Palm Oil (CPO) melakukan intervensi terhadap hasil baku mutu limbah (Laboratorium).(***)

Foto: asap pks PT.sisirau(soeparmin|stc)