HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Pertamina Tanam 2.000 Mangrove di Pesisir Seruway

ACEH TAMIANG | STC - PT Pertamina EP Field Rantau menanam 2.000 bibit manggrove di lahan kritis pesisir Desa Sungai Kuruk Tiga, Kecamat...

ACEH TAMIANG | STC - PT Pertamina EP Field Rantau menanam 2.000 bibit manggrove di lahan kritis pesisir Desa Sungai Kuruk Tiga, Kecamatan Seruway, Aceh Tamiang, Rabu (7/6). 

Pantauan di lapangan, pihak PT Pertamina EP Field Rantau tidak sendiri berpanas-panasan menanam bibit mangrove tersebut, mereka didukung sejumlah komunitas pecinta lingkungan seperti LSM Kempra, pesepeda dari Agrowitaka Bicycle Journey for Mangrove Yokjakarta dan pesepeda BCR Aceh Tamiang. 

Juga diramaikan Duta Green School dan Community dari SMAN2 Kejuruan Muda, Rantau, mereka memasang tenda di tengah hutan magrove yang telah kritis baik dari perambahan maupun alih fungsi lahan.

Field Manager Pertamina EP Field Rantau Agus Amperianto di sela penanaman bibit mangrove secara simbolis, kepada wartawan mengatakan penanaman pohon penahan abrasi itu dilakukan khusus di lahan kritis kawasan pesisir Seruway yang selama ini sudah tergerus ombak. 

Selain itu, penanaman mangrove perdana yang secara massal dilakukan, ingin menggugah kesadaran masyarakat untuk bersama menjaga pelestarian kawasan lindung mangrove yang terancam abrasi.

"Jika pohon mangrove punah, sama artinya ratusan keanekaragaman hayati akan hilang, dan ruang gerak warga nelayan akan mengecil dalam konteks mata pencarian," ujarnya.Humas PT Pertamina EP Field Rantau Jupri menambahkan, jumlah bibit mangrove yang ditanam sebanyak 2.000 batang. 

Dengan menggandeng sejumlah komunitas, mereka ingin menyelamatkan keseimbangan ekosistem di kawasan pesisir."Kami ingin kegiatan seperti ini bisa berkelanjutan. 

Sehingga tidak hanya fokus pada pelestarian lingkungan, tapi cenderung menjaga keanekaragaman hayati agar bisa dibudidayakan sehingga bernilai ekonomis bagi masyarakat," terangnya.

Direktur Eksekutif Kempra M Nasir mengajak pecinta lingkungan bersama-sama menyelamatkan kelangsungan ekosistem pesisir, agar mampu menumbuhkembangkan spesies biota yang hidup di dalamnya dari oknum-oknum yang mencari keuntungan sesaat.(Medanbisnis/ck05)

Foto: TANAM MANGROVE SISWA Duta Green School dari SMAN2 Kejuruan Muda, Rantau dipandu oleh Field Manager Pertamina EP Field Rantau, Agus Amperianto, menanam bibit mangrove di kawasan pesisir Seruway, akhir pekan lalu. Penanaman tersebut dilakukan untuk menekan dampak abrasi. (medanbisnis/ck05)