HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

“CSR Bukan Cost Tapi Investasi”

SYAWALUDDIN | STC KARANG BARU | Field Manager Pertamina EP Field Rantau, Agus Amperianto menegaskan, Coorporate Social Responsib...


SYAWALUDDIN | STC

KARANG BARU | Field Manager Pertamina EP Field Rantau, Agus Amperianto menegaskan, Coorporate Social Responsibility (CSR) bukan merupakan Cost Pertamina; tetapi memiliki kekuatan ekonomi atau nilai investasi baru, peruntukan nilai positip bagi pertumbuhan ekonomi kerakyatan.


Hal tersebut di tegas Agus, Kamis 5/6 tadi siang, dalam peresmian Pusat Pemberdayaan Masyarakat Pertamina (PPMP), sebagai wujud pihak Pertamina dalam mendongkrat tingkat pertumbuhan ekonomi masyarakat kearah yang lebih baik.


Dia mengatakan, selain menciptakan pertumbuhan ekonomi masyarakat arus bawah di Kabupaten Aceh Tamiang, Pertamina juga mereduksi lahan-lahan terlantar untuk dihijaukan kembali sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan yang sustainable—berkelanjutan.


“Ini akan memberikan efek positip bagi penyerapan gas karbon, terhadap pembangunan efek rumah kaca, disisi lain, juga memberikan nilai tambah perekonomian rakyat Aceh Tamiang dari nilai-nilai pemberdayaan melalui PPMP ini, meningkatkan ekonomi sambil menjaga lingkungan”, tegasnya dalam pidato sambutannya tadi siang.


Masih Agus, dia berpilosofi, Sinergi adalah Energi yang dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi kepentingan yang sustainable, dalam pembangunan ekonomi kerakyatan. “sinergi” mampu melakukan kerjasama dengan berbagai stakeholder “energy” menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM)”, katanya.

Menurut Agus, PPMP merupakan formula yang sangat jitu dalam aspek pengembangan ekonomi masyarakat, melalui pelatihan yang mampu berkembang dalam membuka home industry nantinya, sebagai wujud Pertamina Peduli Masyarakat.


Dikatakan, PPMP ruh dalam membangun SDM masyarakat sebagai wujud peningkatan ekonomi arus bawah, PPMP mengembangkan berbagai pelatihan tetang pemberdayaan ekonomi masyarakat, seperti pengembangan budi daya Jamur Tiram, Pembibitan, Ternak Lele, Pembuatan Pupuk Kompos, yang di motori oleh Dedy User CSR Pertamina EP Field Rantau.


Wakil Bupati Aceh Tamiang, Iskandar Zulkarnain menyambut baik hadirnya PPMP di Pertamina, sebagi wujud percepatan pembangunan ekonomi rakyat dalam merealisasikan konsep ekonomi Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang (Atam).


Iskandar menekankan, yang paling utama adalah, bagimana menjadikan nilai jual suatu produksi bisa menjadi nilai bisnis yang efisien untuk menunjang kehidupan. Serta konsep manajemen melihat peluang pasar.


Presiden Direktur Pertamina Pusat, Adriansyah mengatakan; PPMP merupakan wujud dan bentuk tanggungjawan pertamina sebagai upaya percepatan pertumbuhan ekonomi masyarakat. Selain itu juga pertamina melakukan investasi dibidang pendidikan untuk menggali potensi pemikir handal.


Menurut Adriansyah, hal tersebut harus disesuaikan dengan kondisi daerah masing-masing, yang nantinya mampu menjadi entrepreneurship, yang di investasikan dalam bentuk skill—kemampuan—bersaing dalam berbagai bidang.


“Saya kira, ini bentuk-bentuk investasi pertamina dalam membangun ekonomi dan SDM masyarakat arus bawah, yang nantinya bisa bersaing dan bersanding dengan pemikir-pemikir hebat dari luar dalam membangun bangsa dari berbagai sisi”. Tegasnya. (***)

Foto: Ilustrasi/selaluonlene