HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Caleg Seperti Ini Berisiko Stres

JAKARTA | STC - Calon legislatif Pemilu 2014 harus menempatkan keikutsertaan mereka untuk kepentingan rakyat. Karena jika tidak mereka ha...

JAKARTA | STC - Calon legislatif Pemilu 2014 harus menempatkan keikutsertaan mereka untuk kepentingan rakyat. Karena jika tidak mereka harus siap-siap menjadi stres bahkan depresi.

Dokter Spesialis Kejiwaan Irmansyah SpKj mengatakan, caleg yang memiliki tujuan ikut bursa pemilihan anggota legislatif karena murni ingin menjadi wakil rakyat di parlemen, maka akan memiliki kesiapan mental yang lebih menghadapi berbagai risiko.

"Kalau dia menganggap ini adalah sebagai perang pribadi untuk suatu posisi personal yang sangat diharapkan, maka siap-siap saja mengalami kekecewan yang besar," kata Irmansyah melalui sambungan telepon, Selasa (17/3/2014).

Kekecewaan yang besar ini, lanjut Irmansyah, berpotensi menyebabkan stres, depresi atau bahkan gangguan kejiwaan lainnya.Maka seorang caleg, selain memiliki kesiapan biaya, ia juga harus bisa mengukur kemampuan pribadinya. 

Terlalu percaya diri untuk ikut tanpa mengukur kemampuan diri dan tidak mau terbuka atau menerima pandangan orang lain, maka caleg memiliki risiko yang lebih tinggi untuk menjadi stres jika nanti tidak terpilih.

"Jika ia mampu menempatkan kembali pada posisi moral yang benar bahwa tujuan menjadi anggota parlemen bukan untuk kepentingan pribadi , maka apapun yang terjadi tidak akan bermasalah bagi dia," ujar dokter yang berpraktek di Rumah Sakit Jiwa Dr H Marzoeki Mahdi di Bogor ini. (Inilah.com/mor)

Foto: Inilah.com