HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

DPC Patron Aceh Tamiang Gelar Khitanan Massal

Foto; Rico Fahrizal/STC RICO FAHRIZAL | STC ACEH TAMIANG | Sedikitnya 32 anak mulai dari tingkat SD kelas 5 sampai tingkat se...



Foto; Rico Fahrizal/STC
RICO FAHRIZAL | STC

ACEH TAMIANG | Sedikitnya 32 anak mulai dari tingkat SD kelas 5 sampai tingkat sekolah menengah pertama (SMP) kelas 1 mengikuti khitanan massal yang digelar organisasi kemasyarakatan (Ormas) Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Patriot Nasional (Patron) Kabupaten Aceh Tamiang, Sabtu (18/1/2014). Kegiatan tersebut bertempat di Gedung SKB Karang Baru dan bertepatan dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad S.A.W.

Ketua DPC Patron Kabupaten Aceh Tamiang, Ridwan Raden pada laporan kegiatan menyebutkan, kegiatan khitanan massal yang bertemakan “Meraih keshalehan sosial dengan saling berbagi” dipersiapkan satu bulan sebelumnya dengan membentuk panitia serta bekerjasama dengan Puskesmas Kecamatan Sekrak. Kegiatan sosial yang diselenggarakan Ormas DPC Patron Kabupaten Aceh Tamiang sudah berlangsung menjadi agenda rutin tahunan sejak DPC Patron dibentuk. 

Pada kegiatan khitanan massal ini, Panitia memberikan satu kain sarung dan uang saku untuk anak khitan. Panitia juga menyediakan kendaraan operasional untuk mengantar kepulangan peserta sampai rumah masing masing dengan selamat. 
Foto; Rico Fahrizal/STC

“Pada pelaksanaannya mendapat dukungan dari Pemkab Aceh Tamiang dan masyarakat sekitar baik berupa materi maupun tenaga dan berjalan lancer dan sukses”. Ujar Ridwan.

Tahun 2012 lalu, DPC Patron Aceh Tamiang melakukan kegiatan donor darah. Dan di tahun ini DPC Patron Aceh Tamiang akan melakukan pendataan anak putus sekolah dari tingkatan sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP) dan sekolah menengah atas (SMA). 

“Dengan harapan agar anak-anak generasi penerus bangsa menjadi anak-anak yang sholeh yang bisa meneruskan perjuangan bangsa sekaligus dapat menjadi asset daerah”. ucapnya.

Namun pada kegiatan khitan massal itu, Patria Kelana, SKM yang mantan Kabag Kesra Setdakab Aceh Tamiang menjelaskan kepada para undangan bahwa dirinya bukan mewakili atas nama Pemkab Aceh Tamiang dalam hal ini Bupati Aceh Tamiang melainkan sebagai pelaksana kegiatan.

“Saya berbicara disini bukan mewakili Pemkab Aceh Tamiang, karena saya tidak aktif di pemerintahan. Namun, saya menyarankan kepada pengurus dan panitia kegiatan sosial DPC Patron pada khususnya atau ormas lain pada umumnya agar menyelenggarakan kegiatan kemasyarakatan tidak pada hari libur. Karena, pejabat pada umumnya libur bahkan pergi keluar kota”. Sebut Patria Kelana.

Selain itu, Patria Kelana juga ikut serta mengkhitankan anak anak yang terdaftar dalam kegiatan khitan massal ini. Kepiawaian dalam mengkhitankan itu, Patria termasuk cepat menyelesaikan walau seorang diri tanpa dibantu oleh perawat. Tercatat dalam waktu satu jam empat orang anak peserta khitan berhasil dikhitankan dengan selamat.

Pada acara itu tidak ada satupun yang mewakili pihak eksekutif, legeslatif maupun yudikatif, hanya dari unsur TNI saja yang mengirimkan wakilnya dikegiatan khitanan itu. Walaupun tanpa kehadiran para pemimpin didaerah berjuluk “Bumi Muda Sedia” itu tidak juga mengurangi rasa khidmad dan syukur kedua orang tua peserta khitanan massal. (***)