HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Hama Bekicot Semakin Mangancam Petani kacang Panjang di Aceh Tamiang

Foto: Medanbisnis ACEH TAMIANG | STC -  Hama bekicot semakin mangancam petani kacang panjang di Aceh Tamiang. Pada kebun palawija milik...

Foto: Medanbisnis
ACEH TAMIANG | STC -  Hama bekicot semakin mangancam petani kacang panjang di Aceh Tamiang. Pada kebun palawija milik Sahat Sihotang (43) di Desa Bukit Rata misalnya, hama bekicot didapati telah melumat tanaman kacang panjang hingga tak tersisa.

Saat ditemui di kebunya baru-baru ini, pria ini mengaku hanya mendapatkan Rp 40.000 dari pejualan kacang panjang yang dipetiknya. Dari 15 bedengan yang panjangnya sekira 50 meter, Sahat hanya berhasil memanen kacang panjang sebanyak 10 kilogram yang dijual ke pasar seharga Rp 4.000/kg.

"Seharusnya bila kacang tumbuh tidak diganggu hama, dari 15 bedengan tersebut bisa mendapat tiga kali lipat dari itu,” ucapnya.Rencana selanjutnya Sahat mengganti sementara tanaman kacang panjangnya dengan terong biru.

Menurut pria paruh baya itu, hama bekicot dan kepinding selalu datang menempel di tumbuhan kacang panjang pada malam hari, sehingga dirinya tidak mungkin menjaga hama tersebut 24 jam.

"Pengaruh dari kedua hama tersebut, menyebabkan kacang panjang yang baru mencul menjadi bantet dan bernoda hitam, sedang kacang panjang yang sudah akan dipetik bisa tiba-tiba mengalami busuk dalam, menguning dan mengering," katanya. ( Medanbisnis )