HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Van Gaal: Timnas Indonesia Selevel Brasil

Pelatih Timnas Belanda, Louis Van Gaal (AP/Photo) AMSTERDAM | STC - Pelatih timnas Belanda, Louis Van Gaal menyebut laga persahabatan...

Pelatih Timnas Belanda, Louis Van Gaal (AP/Photo)
AMSTERDAM | STC - Pelatih timnas Belanda, Louis Van Gaal menyebut laga persahabatan melawan Indonesia bukanlah pertandingan sembarangan. Bagi pelatih 61 tahun itu, Indonesia adalah lawan yang pas untuk mempersiapkan timnya jelang Piala Dunia di Brasil tahun depan.

"Tur kami ke Indonesia bukanlah pertandingan liburan. Kami akan mengambil pengalaman di sana," kata Van Gaal kepada media setempat seperti dikutip De Telegraaf, Ahad (2/6).

Bahkan, Van Gaal menyebut Indonesia selevel dengan Brasil. Namun begitu, Van Gaal mengakui level tersebut hanya sejajar dalam aspek iklim dan cuaca. Baginya, Indonesia dan Brasil memiliki cuaca yang sama-sama panas.

Baginya, pertandingan yang akan digelar 7 Juni mendatang di Gelora Bung Karno itu memiliki keuntungan bagi timnya untuk beradaptasi. "Pertandingan yang banyak memberikan kami ruang untuk mengembangkan permainan," tambahnya.

Meski begitu, Van Gaal menolak jika lawatannya ke Indonesia dituding lantaran hanya karena uang. "Tentu kami akan mendapat uang. Tapi tujuan kami adalah memberikan pengalaman baru bagi pemain muda," katanya menambahkan. Usai bertamu ke Indonesia, de Oranye juga bakal melakoni laga lanjutan melawan Cina, sepekan kemudian.

Diketahui sebelumnya, Van Gaal menempatkan banyak pemain muda dalam 21 anggota skuatnya untuk tur Asia tersebut. Di lini depan, Van Gaal bahkan tidak memboyong bomber Schalke, Klaas Jan Huntelaar. Posisi Huntelaar justru digantikan penyerang Sporting Lisbon, Ricky van Wolfwinkel yang musim ini menjadi debutnya bersama de Oranye.

Absennya Huntelaar juga melengkapi absennya Rafael van der Vaart. Diketahui sebelumnya, gelandang Hamburg SV itu gagal serta ke Indonesia lantaran mengalami cedera usai sesi latihan bersama tim, awal pekan kemarin.

Meski begitu, Van Gaal mengaku punya alasan tersendiri tidak menyertakan Huntelaar. Menurutnya, Ricky van Wolfwinkel juga memiliki kemampuan yang tak kalah saing dengan seniornya tersebut.

"Ricky van Wolfwinkel terus dalam pantauan kami selama tur ini. Dia penyerang berbakat," tegasnya. Bahkan Van Gaal meyakinkan, ia akan tetap mencadangkan Huntelaar kalau saja kedua pemain tersebut bersamaan tetap dilibatkan.

"Biarkan Huntelaar mengambil liburannya," tutup van Gaal.

Menurutnya, fans Indonesia juga tak akan kecewa mengingat ia pun telah memastikan membawa striker yang tak kalah ciamik, Robin van Persie. Ada sebagian media lain yang juga melaporkan, absennya Huntelaar juga karena ia harus menemani sang istri yang akan melahirkan dalam waktu dekat ini. (Republika)