HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Ribuan Hektar Tanaman di Aceh Terancam Gagal

Ribuan hektar tanaman padi di beberapa kabupaten dan kota di Provinsi Aceh terancam gagal panen, yakni terkait dampak dari  kekeringan ...

Ribuan hektar tanaman padi di beberapa kabupaten dan kota di Provinsi Aceh terancam gagal panen, yakni terkait dampak dari  kekeringan sejak satu bulan terakhir.

Mukmin (52) petani padi di Desa Miruk Kecamatan Krueng Barona Jaya Kabupaten Aceh Besar, Kamis mengatakan cuaca panas yang terjadi sajak satu bulan terakhir telah mengakibatkan tanah retak-ratak dan tanaman padi menjadi kering dan mati.

"Air dari saluran irigasi yang biasa membantu kebutuhan kami sudah tidak mengalir lagi, kami sudah pasrah dan terpaksa membiarkan padi yang baru ditanam mati kekeringan," kata Mukmin.

Menurutnya, sebagian petani terpaksa memotong tanaman padi yang tersisa akibat kekeringan itu untuk dijadikan pakan ternak sapi.

Selain di Kabupaten Aceh Besar, ratusan hektare tanaman padi lainnya seperti di Kota Banda Aceh, Kabupaten Pidie dan Bireuen juga terancam gagal panen akibat kekeringan.

Di kabupaten Pidie kekeringan juga terjadi di kecamatan Simpang Tiga, Peukan Baro, Kembang Tanjung, Muara Tiga, Padang Tiji, Glumpang Baro, dan Kecamatan Pidie.
Sementara puluhan haktere area persawahan di Desa Ilie, Ceurih dan Pango Deah Kecamatan Ulee Kareng Kota Banda Aceh juga dilanda kekeringan.

"Jika hujan juga tidak turun dalam beberapa hari dipastikan tanaman padi kami akan mati," katanya.

Sejak beberapa pekan terakhir suhu udara di Banda Aceh, Aceh Besar, Pidie dan beberapa kabupaten/kota lainnya di Provinsi Aceh berkisar 32 hingga 35 derajat celcius.
Suhu udara panas tersebut juga telah mengakibatkan puluhan sumur warga juga mengalami kekeringan. | antara-aceh