HIDE

GRID

GRID_STYLE

Post Snippets

FALSE

Hover Effects

TRUE
{fbt_classic_header}

Breaking News:

latest

Jelang Idul Fitri Harga ‘Sembako’ Melonjak Tajam di Tamiang

SYAWALUDDIN | SUARA TAMIANG jur_nalist@yahoo.com Menjelang Idul Fitri harga Sembilan bahan pokok (Sembako) di Aceh Tamiang (Atam)...

SYAWALUDDIN | SUARA TAMIANG

Menjelang Idul Fitri harga Sembilan bahan pokok (Sembako) di Aceh Tamiang (Atam) khususnya di pasar tradisional kota Kualasimpang molonjak, seperti; Beras, Minyak Goreng, Ikan Segar, Cabai, Gula, Kacang Hijau dan Ikan Asin.

Fluktuasi harga sembako cenderung melonjak akibat stock kebutuhan menjelang lebaran Idul Fitri tak terpenuhi secara optimal. Hal itu dirasakan oleh para, konsumen sembako. Seperti harga ikan segar Gembung harga sebelum puasa Rp 18 ribu perkilo, naik menjadi Rp 25 ribu perkilonya.

Beras Kuku Balam (KKB) Rp 128 ribu, naik menjadi Rp 135 ribu per zak isi 15 kilo. Harga cabai merah perkilonya Rp28 ribu naik menjadi Rp35 ribu perkilo, Bawah merah Rp28 ribu perkilo naik menjadi Rp32 ribu perkilo, tomat Rp8 ribu naik menjadi Rp10 ribu perkilo, minyak goreng curah Rp10 ribu naik menjadi Rp13 ribu, Ikan Asin Peda Rp25 ribu perkilo naik menjadi Rp40 ribu perkilo dan Kacang Hijau masih stabil Rp40 ribu perkilonya.

Kenaikan komoditi Agrikultura dan Agribisnis untuk Sembako jelang Lebaran Idul Fitri sudah lazim terjadi saat-saat setiap tahunnya, begitupun setelah lebaran Idul Fitri ada bagian harga sembako yang turun kembali sebaliknya ada yang menjadi alas an untuk kenaikan konstan di saat jelang Idul Fitri.

Rohana (40), dirinya tidak merasa keberatan dengan kanikan harga sembako ini, mengingat untuk dirinya kenaikan tersebut masih sangat wajar, meskipun pemkab Atam tidak memiliki harga ketetapan sembako secara permanen.

“Saya kira, bagi saya kenaikan ini wajar dan masih bisa di tolerir, mengingat kemampuan beli saya sangat tidak ada masalah, sebaliknya, bagaimana dengan mereka yang hidupnya pas-pasan, ini yang seharusnya menjadi catatan penting bagi Pemkab Atam membuat ketetapan harga sembako”. Katanya.  (***)